manfaat melon
Foto: Ibu dan Balita

Inilah 7 Kandungan dan Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Melon adalah salah satu buah-buahan yang mempunyai rasa manis. Buah ini mudah ditemukan karena tidak harus menunggu musimnya dulu untuk dinikmati. Konon, buah melon sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, benarkah?

Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut 7 manfaat buah melon yang dikutip dari manfaat.co.id.

1. Mencegah Penyakit Stroke
Buah melon mengandung kalium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Hal ini akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya stroke dan tentu penyakit jantung.

2. Meredakan Mulas
Mulas terkadang berasal dari makanan yang kita konsumsi, melon memiliki kadar air hingga 90% memberikan efek menenangkan. Oleh karena itu, melon sangat bermanfaat untuk meredakan sakit maag dan mulas.

3. Menyehatkan Kulit
Buah melon mengandung kolagen, zat ini merupakan senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan kulit. Kolagen juga memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit. Sering makan melon akan membuat kulit tampak halus dan tidak kering.

4. Mencegah Serangan Jantung
Selain efektif untuk mencegah beberapa penyakit paling berbahaya, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu mencegah dan menghentikan penggumpalan peredaran sel darah yang dapat berakibat serangan jantung dan bahkan penyakit stroke. Cara kerja adalah dengan cara melancarkan peredaran sel darah merah yang dapat mengurangi serangan jantung dan stroke.

5. Mencegah Penyakit Kanker
Ada banyak buah-buahan dan herbal yang mampu mencegah penyakit kanker, salah satunya buah melon. Bagaimana buah melon dapat membasmi dan mencegah kanker ? jawabannya adalah pada kandungan KAROTENOID. Perlu diketahui, Karotenoid adalah pigmen yang berfungsi sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, khususnya gejala kanker paru-paru dan gejala kanker payudara.

6. Menjaga kesehatan mata
Manfaat Buah melon juga dapat menyehatkan mata, buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan memperbaiki meningkatkan fungsi mata.

7. Membasmi Radikal Bebas
Buah melon juga sangat kaya kandungan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas. Kemampuan ini dapat membantu dalam hal perlindungan terhadap usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan kanker pankreas. Namun tidak hanya untuk penyakit berbahaya manfaat antioksidan ini juga baik untuk bagian tubuh lainnya. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *