foto: Satu Jam

Inilah 8 Hewan yang Bisa ‘Berpuasa’

foto: Satu Jam

INSPIRADATA. Bukan hanya manusia yang mampu berpuasa, menahan diri dari tidak makan dan minum selama waktu tertentu. Ternyata makhluk hidup lain juga bisa.

Dilansir dari animals.com, berikut ini 8 jenis hewan yang punya kemampuan ‘berpuasa’:

  1. Unta

Hewan yang hidup di gurun ini mampu bertahan hidup tanpa  makan dan minum dalam waktu yang cukup lama. Punuk unta bukan berisi air, melainkan lemak. Lemak inilah yang membantu unta agar mampu hidup hingga 40 hari tanpa makan dam minum, sebab cadangan lemak dipunggung unta akan diolah secara perlahan.

  1. Penguin

Jika unta merupakan hewan yang paling kuat bertahan di suhu panas, maka penguin adalah kebalikannya. Hewan yang terlihat menggemaskan tersebut mampu bertahan hidup di daerah yang sangat dingin, bahkan tak jarang penguin mampu beradaptasi dengan suhu hingga minus 10 derajat celcius. Saat musim dingin tiba, penguin jantan bertugas mencari makanan dan penguin betina akan menjaga anak-anak mereka. Di suhu yang dingin sekalipun hewan yang hidup dikutub tersebut mampu bertahan hidup hingga 4 bulan tanpa makan dan minum.

  1. Beruang

Beruang merupakan salah satu mamalia yang tergolong ordo karnivora. Di musim dingin, beruang dapat melalukan kebiasaan abadinya yaitu hibernasi atau tidur sepanjang musim dan akan terbangun jika dia merasa lapar. Meski tidak hibernasi sekalipun, beruang mampu bertahan tidak makan dan minum selama 10 minggu atau kurang lebih 3 bulan.

  1. Ular

Jenis reptil yang ditakuti banyak manusia ini memang memiliki pola hidup yang unik. Ular hidup dengan mengandalkan suhu. Di suhu dingin, metabolisme tubuh ular akan menurun, hal itulah yang membuat ular dapat bertahan hidup hingga 12 bulan tanpa makan dan minum sedikit pun.

  1. Kura-kura galapagos

Kura-kura jenis galapagos terkenal sebagai hewan yang paling panjang umur yang masih bertahan hidup hingga ratusan tahun. Sama seperti ular, kura-kura jenis ini mampu hidup hingga 1 tahun tanpa makan dan minum.

  1. Buaya

Reptil yang memiliki tubuh besar dan biasanya hidup diar tersebut memiliki rekor yang sangat mengangumkan dalam menahan untuk tidak makan dan tidak minum yaitu ‘puasa’ selama tiga tahun.

  1. Katak

Katak termasuk hewan yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan. Saat melalui masa hibernasinya, katak dapat bertahan tanpa makan dan minum selama 16 bulan.

  1. Hiu putih

Hewan terakhir yang dapat bertahan untuk tidak makan dan minum adalah hiu. Hewan yang bernafas dengan paru-paru ini memiliki kehidupan yang unik. Semakin lama hiu tidak makan dan tidak minum, kemampuannya dalam berburu mangsa justru semakin meningkat.  Hiu putih bahkan dapat berpuasa selama dua tahun.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *