Inilah Alasan Kenapa Harus Ada Lubang-lubang di Biskuit

lubang-lubang
lubang-lubang (foto: pixabay)

INSPIRADATA. Coba perhatikan pada biskuit, adanya lubang-lubang yang menjadikannya khas dari makanan-makanan lain. Tahukah Anda apa fungsi dan kenapa ada lubang-lubang tersebut pada biskuit kraker.

Lubang-lubang itu penting agar biskuit cracker bisa matang sempurna dan tetap gepeng renyah!

Ternyata, lubang-lubang itu memiliki fungsi, bukan sekadar dekorasi atau memudahkan proses produksi di pabrik. Sebenarnya, tanpa lubang-lubang ini biskuit cracker tidak akan terpanggang dengan sempurna.

Lubang-lubang ini memungkinkan uap keluar dari adonan saat biskuit sedang dimasak. Inilah yang membuat cracker tersebut tetap gepeng alih-alih mengembang naik seperti jenis-jenis biskuit yang lain.

Jumlah dan posisi lubang ini juga perlu perhitungan dan tak sembarangan, karena memengaruhi hasil jadi biskuit cracker.

Lubang-lubang ini juga membantu membuat biskuit cracker renyah dengan sempurna. Posisi lubang dan jumlahnya juga beragam, tergantung pada ukuran dan bentuk biskuit cracker. Jika posisi antar lubang terlalu dekat, cracker tersebut akan menjadi sangat kering dan keras karena terlalu banyak uap yang keluar.

Jika jarak antar lubang terlalu jauh, beberapa bagian cracker akan sedikit naik sehingga menghasilkan gelembung-gelembung di permukaan dan biasanya hal ini dianggap gak ideal untuk sebagian besar jenis cracker. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *