Isu Senjata
Foto: CNN Indonesia

Inilah Alasan Sebenarnya AS Larang Jenderal Gatot Masuk

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tiba-tiba dilarang masuk ke Amerika Serikat (AS). Hal ini sontak ramai diberitakan. Kini alasan pelarangan tersebut mulai tersibak. 

Dilansir dari Dream, Selasa (24/10/2017), Juru Bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri Dave Lapan di Washington DC mengatakan alasan Gatot tidak diperbolehkan masuk ke AS ialah karena `Protokol keamanan Amerika Serikat` atau US Security Protocols.

Namun, tidak ada penjelasan secara detail dari Lapan terkait poin apa saja yang membuat Gatot tidak dapat masuk ke AS.

Lapan hanya mengatakan tujuan dari Protokol Keamanan AS ialah untuk memastikan bahwa setiap orang yang masuk ke Amerika Serikat sudah melewati pemindaian dan pemeriksaan yang benar.

“Kami menyesalkan bahwa Gatot dan istrinya merasa tidak nyaman,” ujar Lapan, dikutip dari ABC News.

Lapan menyebut, otoritas AS telah menyelesaikan masalah ini secara cepat. Jenderal Gatot pun telah diberi rujukan untuk berangkat dengan pesawat lain, tetapi dia memilih untuk membatalkan keberangkatan.

Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia Erin McKee telah memohon maaf atas adanya pelarangan masuk ke AS terhadap Panglima TNI pada sehari yang lalu.

“Kami sangat menyesalkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas insiden ini dan kami mohon maaf,” kata McKee kepada wartawan.

“Sama sekali tidak ada masalah dengan kemampuannya untuk bepergian ke Amerika Serikat, kami menyambutnya, kedutaan bekerja sangat keras untuk memahami apa yang terjadi,” ucap dia menambahkan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno L. Marsudi mengatakan Indonesia mendesak penjelasan yang lengkap AS mengenai masalah ini.

” Saya sudah mengatakan bahwa maaf saja tidak cukup. Masih perlu penjelasan mengapa kejadian itu terjadi,” tegas Retno. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *