Foto: Max Pixel

Inilah Amalan yang Paling Disukai Rosulullah

Berbuat baik sangat dianjurkan bagi setiap muslim. Hal itu diyakini akan menjadi modal untuk menghadapi hari akhir nanti.

Rasulullah Muhammad SAW pun mengajarkan umat Islam untuk selalu beramal menyerupai amalan yang dijalankan olehnya. Namun, Rasulullah menyadari bahwa manusia memiliki keterbatasan.

Terdapat amalan yang sangat disukai Rasulullah. Amalan tersebut dianjurkan untuk dijalankan oleh semua umat Islam.

Meskipun Rasulullah tidak menunjukkan secara pasti seperti apa amalan tersebut, namun amalan itu terekam dalam sebuah hadits yang berisi perbincangan antara Rasulullah dengan ‘Aisyah RA yang tertuang dalam kitab Mustakhraj Abi ‘Awanah karya Abu ‘Awanah An-Naisaburi.

Dalam hadits tersebut menceritakan ada seorang wanita yang berkunjung ke rumah ‘Aisyah dalam keadaan lemah dan mengantuk. Rasulullah kemudian bertanya kepada ‘Aisyah.

“Siapa wanita ini?” tanya Rasulullah.

“Ini si fulanah, semalam dia tidak tidur,” jawab ‘Aisyah.

“Lakukanlah amalan yang seusai dengan kemampuan kalian. Sesungguhnya Allah tidak pernah merasa bosan, melainkan kalian yang suka bosan,” kata Rasulullah.

Usai mendengar perkataan Rasulullah, ‘Aisyah selalu menyampaikan petuah tersebut kepada para sahabat yang bertanya. Ketika ada orang yang bertanya amalan apa yang sangat disukai Rasulullah, ‘Aisyah menjawab:

“Amalan yang paling disukainya adalah amalan yang dilakukan terus menerus.” (HR Ahmad).

Hadits ini menjelaskan bahwa Rasulullah lebih menyukai amalan yang kecil dan sederhana namun tetap dijalankan dengan istiqomah.  []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *