Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah Azab bagi Orang yang Suka Minta Oleh-oleh

0

Kita mungkin sudah terbiasa meminta oleh-oleh kepada teman atau saudara yang hendak bepergian. Lalu bagaimanakah sebenarnya hukum meminta oleh-oleh ini dalam Islam?

Perlu Anda ketahui, meminta oleh-oleh dari teman atau saudara yang berpergian ternyata dilarang oleh Rasulullah SAW. Benarkah seperti itu? Berikut penjelasannya.

Meminta oleh-oleh ternyata sama dengan tindakan meminta-minta kepada sesama manusia. Hal ini sangat dilarang Rasulullah SAW, kecuali memang ada kebutuhan yang sangat mendesak.

Karena meminta-minta itu adalah bentuk perbuatan yang menghinakan diri kepada manusia lainnya, maka Rosulullah melarangnya. Menghinakan diri hanya boleh kita lakukan kepada Allah saja.

Dalam haditsnya, Rasulullah pun menjelaskan akibat yang didapat jika kita meminta kepada manusia. Orang yang meminta-minta, pada hari kiamat akan datang dalam keadaan tidak ada sepotong dagingpun yang melekat di wajahnya.

Rasulullah SAW bersabda:

” Terus-menerus seseorang itu suka meminta-minta kepada orang lain hingga pada hari kiamat dia datang dalam keadaan di wajahnya tidak ada sepotong dagingpun,” (HR. Al-Bukhari no. 1474 dan Muslim no. 1725). []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.