Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah Batas Tanah Haram Mekah yang Jarang Diketahui

0 4

Mekah adalah tanah suci umat Islam di seluruh dunia. Di sana juga terdapat Kabah yang menjadi kiblat umat muslim dalam melakukan shalat. Salah satu pertanyaan soal Tanah Haram ini adalah tentang batasannya. 

Dalam Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah (17/185-186) disebutkan, “Batas tanah haram dari arah Madinah Munawarah di Tan’im, berjarak 3 mil, sedangkan dalam kitab-kitab Maliki dinyatakan berjarak 4 atau 5 mil.

Awal Tan’im dari arah Mekah adalah di perkampungan Suqya, disebut dengan perumahan Nigar. Sekarang dikenal dengan masjid Aisyah. Maka antara Ka’bah dan Tan’im merupakan tanah haram. Sedangkan Tan’im itu sendiri termasuk tanah halal, seperti disitat islamqa.com.

Dari arah Yaman berjarak 7 mil, di Adhati Libn. Dari arah Jedah berjarak 10 mil, di perbatasan A’syasy, akhir Hudaibiyah, dia termasuk tanah haram.

Dari arai Ji’ranah berjarak 9 mil di syi’b Abdullah bin Khalid. Dari arah Irak berjarak 7 mil di Tsanial Bathraf Jabal Muqatha’, dalam kitab Malikiah disebutkan berjarak 8 mil.

Dari arah Thaif di Arafat, dari lembah Namirah berjarak 7 mil sejak dari ujung Uranah.

Tampaknya perbedaan jarak dalam mil kembali kepada perbedaan dalam menentukan hasta dalam mil dan macam-macamnya. Hitungan mil dimulai dari Hajar Aswad.

Pada masa sekarang ini batas tanah Haram di Mekah dari segala penjuru telah ditetapkan dengan tanda bangunan permanen di setiap ujungnya, yaitu semacam menara yang ditulis padanya, baik dengan bahasa Arab atau bahasa asing. []

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline