perempuan banyak gemuk
Foto: telegraph.co.uk

Inilah Beberapa Penyebab Kurang Berat

berat
Berat (Foto: telegraph.co.uk)

INPIRADATA. Berat badan kurang dari ukuran normal, bisa jadi banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi. 

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab seseorang berberat badan rendah menurut situs kesehatan Family Doctor yang dikelola oleh American Academy of Family Physicians:

• Genetika

Jika Anda sudah berbadan ‘tipis’ sejak SMA dan rata-rata keluarga Anda juga demikian, kemungkinan memang Anda dilahirkan dengan metabolisme yang lebih tinggi dari orang kebanyakan. Secara alami, mungkin Anda juga memiliki nafsu makan kurang dari orang lain.

• Aktivitas fisik

Latihan dan aktivitas fisik dapat memengaruhi berat badan Anda. Jika Anda sering bergerak berarti Anda membakar lebih banyak kalori daripada orang yang lebih banyak duduk. Artinya,metabolisme Anda lebih tinggi dan tubuh Anda cenderung lebih langsing.

• Penyakit

Sakit dapat memengaruhi nafsu makan serta kemampuan tubuh Anda untuk mengelola makanan.

Jika Anda baru saja kehilangan banyak berat badan tanpa diet atau olahraga, itu mungkin merupakan tanda adanya penyakit seperti masalah tiroid, diabetes, penyakit pencernaan atau bahkan kanker.

Pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang penurunan berat badan Anda yang banyak dan mendadak.

• Obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mual dan muntah. Beberapa jenis pengobatan, seperti kemoterapi juga dapat mengurangi nafsu makan.

• Masalah psikologis

Faktor-faktor seperti stres dan depresi dapat mengganggu kebiasaan makan yang sehat. Rasa tidak peecaya diri juga dapat menyebabkan gangguan makan. Jika Anda menderita masalah emosional yang merusak kebiasaan makan yang sehat, berkonsultasilah dengan dokter Anda. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *