Ferdinand Monoyer
Ferdinand Monoyer

Inilah Biografi Ferdinad Monoyer Tokoh Yang Tampil di Google Doodle Hari Ini!

INSPIRADATA. Google doodle hari ini, 9 Mei 2017 menampilkan tokoh yang bernama Ferdinand Monoyer yang dikenal sebagai seorang Oftamologis Prancis, yang dikenal mengenalkan dioptri pada tahun 1872. Ferdinand Monoyer lahir di Lyon, Prancis pada 9 Mei 1836 dan dia pun meninggal di Lyon pada 11 Juli 1912.

Oftimologi seendiri adalah cabang kedokteran yang berhubungan dengan anatomi, fisiologi dan penyakit bola mata. Sementara Dioptri adalah satuan pengukuran kemampuan optikal dari sebuah lensa, cermin cekung atau cermin cembung. Dioptri dirumuskan sebagai resiprokal jarak fokus yang diukur dalam satuan meter yakni 1/meter. Istilah ini diusulkan Ferdnand di Perancis pada tahun 1872.

Selain itu Ferdinand pun menemukan bagan Monoyer, bagan yang biasa digunakan untuk menguji ketajaman visual. Dia memasukan namanya ke dalam tabel, cara membaca namanya di dalam bagan Monoyer dengan cara vertikal dari bawah ke atas di setiap sisi grafik.

Ferdinand merupakan putra seorang dokter militer Prancis. Ferdinand juga adalah seorang Profesor Fisika Medis Associate di Fakultas Kedokteran Universitas Strasbourg pada tahun 1871. Kemudian, dia adalah direktur klinik Mata Kedokteran Universitas Nancy dari tahun 1972-1877. SElain itu dia juga seoraang profesor fisika kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Lyon dari tahun 1877-1909.

Monoyer akhirnya meninggal pada usia 76 tahun di Lyon, Prancis, Sabtu 13 Juli 1912. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *