Inilah 5 Bukti Bahwa Puasa Ramadan Tingkatkan Produktivitas Kerja Anda
Inilah 5 Bukti Bahwa Puasa Ramadan Tingkatkan Produktivitas Kerja Anda

Inilah 5 Bukti Bahwa Puasa Ramadan Tingkatkan Produktivitas Kerja Anda

INSPIRADATA. Puasa Ramadan, tak hanya bermanfaat bagi ksehatan. Tapi baik pula untuk produktivitas kerja. Bagaimana bisa ya?

Di tengah usaha menahan haus dan lapar, ternyata puasa sangat membantu kita untuk bekerja dengan lebih fokus. Inilah 5 bukti bagaimana puasa bisa meningkatkan produktivitas kerja:

1. Lebih Disiplin Mengatur Waktu

Selama bulan puasa ada perubahan pola makan dan kebiasaan. Di sini, kita jadi lebih disiplin dalam mengatur waktu. Saat bekerja pun, kita akan lebih mudah memaksimalkan setiap detik waktu karena perubahan tersebut.

2. Tidak ada Waktu untuk Ngemil

Meski jarang disadari, kebiasaan ini justru bisa memperlambat pekerjaan anda.

3. Tingkat Stres Menurun

Jadi ketika kita sedang berpuasa, tubuh akan memproduksi hormon neurotropik lebih banyak. Apa yang terjadi kemudian? Yang terjadi adalah sel-sel otak akan lebih banyak diproduksi sehingga kinerja otak semakin baik. Selain itu, saat puasa juga terjadi penurunan kadar hormon kortisol yang membuat stres berkurang. Bekerja pun jadi lebih gampang fokus.

4. Terhindari dari Kebiasaan yang Buang-Buang Waktu

Selama puasa, kita jadi lebih aware dengan setiap tindakan yang kita lakukan. Dalam kondisi puasa, otak akan mengondisikan kita untuk melakukan hal-hal yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Seperti mengendalikan diri untuk tidak lagi bergosip saat jam kerja, sehingga waktu yang ada jadi kembali terarahkan untuk hal-hal yang lebih produktif.

5. Lebih Mudah Mengendalikan Diri

Karena kita tahu kalau energi kita mungkin terbatas saat puasa, jadi secara tidak langsung kita juga bakal memilah-milah kegiatan apa yang perlu dilakukan dan mana yang sebaiknya tak dikerjakan. Di sini, kita juga “dipaksa” untuk mengendalikan diri. Saat bekerja pun, kita akan fokus membagi prioritas. Hal-hal yang kurang penting akan dikesampingkan demi kerja lebih produktif lagi.

Itulah 5 bukti bahwa puasa dapat meningkatkan kinerja anda. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *