Inilah 6 Cara Berbuka yang Dapat Merusak Kesehatan Anda!
Inilah 6 Cara Berbuka yang Dapat Merusak Kesehatan Anda!

Inilah 6 Cara Berbuka yang Dapat Merusak Kesehatan Anda!

INSPIRADATA. Puasa Ramadan selain untuk kebutuhan spiritual ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan juga. Salah satunya adalah menurunkan gula darah yang tinggi. Tubuh akan membantu memangkas tingginya gula darah selama puasa.

Tak sedikit para penderita kolesterol pun memanfaatkan puasa juga untuk menurunkan tingkat kolesterolnya. Namun, yang menjadi masalah adalah cara berbuka yang salah. Bukannya memperbaiki kesehatan yang ada malah memperburuk kesehatan dengan memakan makanan yang salah akibat lapar mata saat puasa.

Berikut cara berbuka yang dapat merusak kesehatan anda:

1. Terlalu banyak minum manis

Mungkin Anda beranggapan kalau minum-minuman manis akan membantu mengembalikan tenaga. Jika dikonsumsi dalam jumlah tepat, tentunya minuman ini akan bermanfaat untuk tubuh.

Sebaliknya, jika dikonsumsi berlebihan, justru akan membahayakan. Minumlah secukupnya.

2. Terlalu banyak minum air putih

Seringkali orang beranggapan setelah buka puasa mereka harus minum air sebanyak-banyaknya untuk menghilangkan haus.

Namun kenyataannya, minum terlalu banyak air justru tak baik karena akan membuat perut terlalu penuh, mual, dan lainnya. Minumlah secukupnya.

3. Jangan buru-buru olahraga

Jangan buru-buru olahraga di gym sesaat setelah berbuka. Sisihkan waktu setidaknya dua jam setelah berbuka untuk mengizinkan tubuh mencerna makanan.

Anda juga bisa olahraga setelah menunaikan salat tarawih.

4. Buru-buru kunyah makanan

Satu kesalahan yang kerap dilakukan saat berbuka adalah mengunyah dan menelan makanan terlalu cepat dalam kondisi yang masih kasar.

Selama puasa, perut pasti kosong sehingga pencernaan bekerja lebih lambat. Jika saat berbuka, Anda mengunyah makanan terlalu cepat dan menelannya dalam bentuk kasar, maka pencernaan harus bekerja ekstra untuk mencerna makanan Anda. Kunyah perlahan sampai lembut, jangan terburu-buru.

5. Langsung makan dessert

Langsung menyantap dessert mungkin akan terasa nikmat dan menyenangkan. Namun kenyataannya, langsung makan dessert saat berbuka justru akan membuat Anda merasa ngantuk. Beri jarak setidaknya dua jam setelah berbuka sebelum menikmati dessert.

6. Makan makanan asin

Menyantap makanan yang gurih dan asin akan membuat Anda merasa mudah haus. Sebaiknya makanlah pisang yang mengandung potassium dan mampu mengontrol rasa haus.

Itulah 6 cara berbuka yang daoat merusak kesehatan anda. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *