, Inilah Cara Mengusap Kaos Kaki dan Sepatu dalam Berwudhu
Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah Cara Mengusap Kaos Kaki dan Sepatu dalam Berwudhu

0

Wudhu merupakan salah satu cara menuju halalnya umat Islam untuk melakukan solat, wudhu biasanya menggunakan air sebagai material untuk membersihkan bagian tubuh yang disunnahkan untuk disucikan, yaitu salah satunya bagian tubuh kaki.

Namun dalam Islam dianjurkan atau diberi keringanan atas berwudhu ketika kita sedang safar dan menggunakan penutup kaki seperti sepatu atau kaos kaki untuk bisa berwudhu tanpa membuka sepatu atau kaos kak itu sendiri. Bagaimana caranya?

Sebagaimana yang dilansir dari muslimah.or.id cara mengusap khuf adalah dengan mengusap bagian atas khuf sekali secara bersamaan dengan kedua tangan; tangan kanan untuk kaki kanan dan tangan kiri untuk kaki kiri.

Related Posts
1

Perhatikan, Hal-hal Ini Dimakruhkan Ketika Berwudhu

Mengusap kaos kaki adalah sama seperti mengusap khuf. Sebagaimana dalam hadits dari Mughirah radhiallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berwudhu, beliau mengusap kaos kaki dan sandalnya.” (HR. Abu Dawud)

Ibnu Qudamah menyebutkan bahwa apabila seseorang mengusap kaos kaki dan sandalnya secara bersama-sama hendaknya setelah mengusap tidak melepas sandalnya.(al-Mughni dalam Thaharah Nabi). Namun, bila seseorang melepas sandalnya, maka menurut pendapat yang rajih, ia boleh mengusap kaos kakinya ketika wudhu berikutnya. Hal ini sebagaimana keadaan orang yang memakai dua kaos kaki. Dan batasan waktunya terhitung dari usapan yang pertama.

Yang terpenting dalam tata cara ini, kita sebelumnya harus mempunyai wudhu dahulu sebelum memakai kaos kaki atau sepatu yang menutupi kaki kita. Baru kita boleh melakukan hal tersebut. []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.