dinosaurus, Inilah Dinosaurus Terkecil di Dunia
Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah Dinosaurus Terkecil di Dunia

0

Dinosaurus identik dengan hewan bertubuh besar atau raksasa. Namun, ukuran dinosaurus nyatanya berbeda-beda. Ada yang sangat besar seperti Brontosaurus. Ada juga yang lebih kecil.

Sekecil apa dinosaurus terkecil di dunia?

Dikutip dari Live Science, Dinosaurus paling kecil di dunia adalah … burung kolibri!

“Burung hanyalah satu garis keturunan dinosaurus yang kebetulan bertahan hingga saat ini,” kata Julia Clarke, ahli paleontologi di North Carolina State University dan North Carolina Museum of Natural Sciences.

BACA JUGA: Sempat Dikira Punah, Ikan yang Sudah Ada 400 Juta Tahun Lalu Ini kembali Ditemukan

Burung kolibri terkecil adalah Lebah Kolibri (Mellisuga helenae), yang hanya ditemukan di Kuba. Menurut National Audubon Society, Lebah Kolibri berukuran lebih dari 2 inci (5 cm) panjangnya dan beratnya kurang dari 0,07 ons (2 gram), avian mungil-mungil ini sering keliru dengan lebah.

Bagaimana dengan ukuran Dinosaurus yang lainnya?

Di Gurun Gobi Mongolia pada 2007, Clarke dan rekan-rekannya menemukan dinosaurus Mahakala omnogovae sepanjang 2 kaki (70 sentimeter), yang hidup sekitar 80 juta tahun lalu. Dinosaurus lain yang berasal dari periode Cretaceous (antara 146 juta dan 65 juta tahun yang lalu), pemakan tumbuhan kecil berkepala tebal yang disebut Micropachycephalosaurus, juga memiliki panjang 2 kaki (70 cm).

Dan beberapa dinosaurus bahkan lebih kecil dari itu.

Yi qi , dinosaurus berbulu dari Tiongkok dengan sayap selaput seperti kelelawar, memiliki lebar sayap 23 inci (60 cm) dan beratnya 13 ons (380 gram). Baru-baru ini, para ilmuwan menggambarkan dinosaurus bersayap kelelawar lain yang merupakan kerabat dekat Yi qi – tetapi lebih kecil. Penemuan baru ini, ditemukan di timur laut Cina dan bernama Ambopteryx longibrachium, berukuran 13 inci (32 cm) dan beratnya sekitar 11 ons (306 gram), para peneliti melaporkan pada Mei 2019 di jurnal Nature .

Dan masih ada lagi contoh dinosaurus kecil. Ashdown maniraptoran , berukuran antara 13 dan 16 inci (33 dan 50 cm) panjangnya, adalah salah satu dinosaurus yang punah terkecil. Begitu juga Parvicursor (“pelari ramping”); ditemukan di Mongolia dan berasal dari sekitar 72 juta tahun yang lalu, ukurannya hanya 15 inci (38 cm) dan beratnya kurang dari 6 ons (170 gram). Dan Eosinopteryx brevipenna , dinosaurus berbulu dari Cina timur laut, terbang di bawah 30 cm.

Tapi kadang-kadang, ukuran fosil bisa menyesatkan. Tulang milik dinosaurus kecil dari Argentina, ditemukan pada tahun 1970-an, sangat kecil sehingga mereka mendorong para peneliti untuk memberi nama binatang Mussaurus atau “kadal tikus.” Tetapi penemuan kemudian meluncurkan versi raksasa dinosaurus ini! Para ilmuwan menyadari bahwa mereka pertama kali menemukan fosil bayi Mussaurus, dan orang dewasa dapat mencapai berat 250 pon (113 kilogram).

BACA JUGA: Heboh, Ekor Dinosaurus Berusia 99 Juta Tahun Ditemukan Utuh di Negara Ini?

Jenis dinosaurus kecil lainnya mengungkapkan keberadaannya melalui jejak kaki dan bukan fosil. Pada tahun 2018, tim peneliti internasional menemukan jejak dinosaurus yang sangat kecil di Formasi Jinju Korea Selatan yang berasal dari 110 juta tahun yang lalu; setiap jejak diukur hanya 0,4 inci (1 cm) panjangnya. Ini berarti bahwa dinosaurus yang meninggalkan jejak tidak akan lebih besar dari burung pipit, kata para peneliti dalam sebuah pernyataan.

Namun, tidak diketahui apakah dinosaurus itu adalah orang dewasa yang matang atau bayi berukuran satu pint dari spesies yang jauh lebih besar, menurut pernyataan itu. []

SUMBER: LIVE SCIENCE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.