Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah Etnis dan Suku Bangsa Tanpa Status Kewarganegaraan

0

Kewarganegaraan adalah hal penting. Selain sebagai identitas kebangsaan, kewarganegaraan penting saat melakukan aktivitas berkaitan dengan negara lain. Kesadaran kewarganegaraan semakin meningkat saat status kewarganegaraan menentukan status kehidupan yang mapan, dan aman. Dalam hal ini kita bisa berguru pada pengalaman suku Rohingya, dan minoritas pengungsi di India.

Namun ternyata masih banyak suku bangsa di dunia yang tak memiliki kewarganegaraan.

inilah daftar suku bangsa yang tak memiliki kewarganegaraan itu:

1. Etnis Kurdi Irak

Ada beberapa kelompok orang tanpa kewarganegaraan, termasuk Faili Kurdi. Jumlah populasi orang tanpa negara di Irak diperkirakan 120.000. Pada 1980, sekitar 220.000 sampai 300.000 Faili Kurdi dilucuti kewarganegaraan. Suku Kurdi di Irak banyak dipaksa melintasi perbatasan ke Iran.

2. Etnis Rohingya Myanmar

Etnis Rohingya adalah muslim keturunan Asia Selatan yang hidup di tengah mayoritas umat Budha. Pada 1982, Myanmar mengesahkan undang-undang yang menolak dan membatasi segala akses bagi mereka. Hingga kini keberadaan kewarganegaraan Rohingya masih belum jelas.

BACA JUGA: Akankah Pengungsi Rohingya Selamanya Menjadi Pengungsi?

3. Etnis Minoritas Nepal

Di Nepal, Ratusan ribu orang diyakini tidak memiliki kewarganegaraan . Sebagian disebabkan oleh undang-undang yang tidak mengijinkan perempuan memberikan kewarganegaraan mereka kepada anak-anaknya. Ada juga populasi tanpa kewarganegaraan yang diusir oleh Bhutan pada 1990-an.

4. Etnis Rusia di Baltik

Dahulu, saat masa Uni Soviet berjaya, etnis-etnis di Rusia otomatis di bawah kekuasaan Uni Soviet. Tapi saat perestroika melanda, Uni Soviet bubar, banyak etnis Rusia terdampar di negara-negara Baltik baru dan didefinisikan sebagai “non-warga negara”.

BACA JUGA: Nasib Getir Kaum Muslim Assam, Rohingya Versi India

Di Estonia dan Latvia, etnis Rusia mengalami kesulitan memperoleh kewarganegaraan dan sering didiskriminasi. Angka PBB tahun 2013 menunjukkan ada lebih dari 90.000 orang di Estonia dan lebih dari 280.000 di Latvia. Di Rusia ada 178.000 orang tanpa kewarganegaraan.

5. Etnis Pegunungan di Thailand

Di Thailand, Lebih dari 500.000 orang tinggal tanpa kewarganegaraan. Banyak dari suku etnis pegunungan seperti Yao, Hmong dan Karen yang tinggal di perbatasan dengan Myanmar dan Laos. Suku-suku ini memiliki bahasa dan budaya yang berbeda. Pemerintah menghambat KTP atau akses ke pelayanan negara, sehingga mereka rentan terhadap perdagangan.

6. Etnis Haiti di Republik Dominika

Selama satu dekade terakhir Pemerintah Dominika telah membuat perubahan hukum kewarganegaraan terutama ditujukan kepada orang-orang keturunan Haiti yang lahir di Republik Dominika.

7. Etnis Bedoin Kuwait

Banyak orang di antara suku-suku nomaden Badui gagal memperoleh kewarganegaraan Kuwait ketika negara merdeka pada 1961. Saat ini Keturunan mereka dikenal sebagai Bedoin, yang berarti “tanpa” (kebangsaan) dalam bahasa Arab. Ada sekitar 93.000 sampai 140.000 bedoin di Kuwait dan masih banyak

[]

SUMBER: SINDONEWS


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline