Inilah Fakta-fakta Unik Tentang Nasi Padang, Nomor 4 Emang Khas Banget

Hampir diseluruh penjuru kota Indonesia sangat mudah menemukan Rumah Makan Padang. Disana Anda akan menemukan Nasi Padang yang melegenda. Berbagai macam lauk disediakan dalam piring-piring yang ditumpuk menjadi ciri khasnya.

Ternyata ada fakta-fakta unik tentang Nasi Padang yang jarang diketahui orang. Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa fakta menarik tentang Nasi Padang yang melegenda.

1. Foto Kakek Berkopiah yang Menghiasi Rumah Makan Padang
Foto kakek berkopiah hitam ini sangat familiar di Rumah Makan Padang. Bagi orang Minang foto kakek tersebut dikenal dengan foto Ungku Saliah. Foto Ungku Saliah mengambarkan bahwa rumah makan tersebut pemiliknya adalah keturunan dari Pariaman, Sumatera Barat.

2. Tidak Ada “Rumah Makan Padang” di Kota Padang
Di Sumatera Barat sendiri tidak ada rumah makan yang menyebutkan dengan nama ‘Rumah Makan Padang.’ Sebab di Padang semua tempat makan merupakan Rumah Makan Padang. Jadi Anda hanya akan menemukan rumah makan dengan judul “Rumah Makan Padang” di luar Sumatera Barat saja.

3. Nasi Padang Lebih Enak Dinikmati dengan Tangan
Karna kuah dan bumbu yang menempel ditangan lebih nikmat ketika menyantap Nasi Padang. Walaupun makan Nasi Padang menggunakan tangan akan meninggalkan aroma Nasi Padang yang akan sulit hilang jika hanya dibilas dengan air.

4. Misteri Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Ketika Dibungkus
Era penjajahan Belanda, yang dapat menikmati masakan Padang di Rumah Makan Padang hanyalah dari kalangan elite. Lantaran hal itu, pemilik Rumah Makan Padang ingin orang-orang pribumi juga tetap dapat menikmati Nasi Padang. Maka diakalilah dengan cara dibungkus dan porsi nasinya lebih banyak agar bisa berbagi dengan yang lainnya, demikian seperti dikutip dari Satumedia.co. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *