lubang pada biskuit
Foto: IDN Times

Inilah Fungsi Lubang Pada Biskuit yang Jarang Diketahui

Biskuit menjadi salah satu makanan yang digemari anak-anak karena teksturnya yang renyah dan lembut.

Jika Anda memperhatikan bentuk biskuit, Anda akan menemukan fakta bahwa biskuit memiliki lubang di bagian permukaannya. Namun tahukah Anda fungsi lubang yang ada di biskuit?

Dilansir brilio.net, Jumat (3/11/17), manajer pabrik United Biscuit di Carlisle, Amerika Serikat Mark Greenwell, menjelaskan bahwa lubang di biskuit memiliki fungsi sebagai saluran udara dan memperkuat struktur biskuit.

Saat membuat biskuit, suhu panas membutuhkan jalan keluar dari setiap lapisan biskuit. Lubang tersebut salah satunya. Jika lubang ini tidak ada, maka lapisan biskuit renyah yang berada di antara krim akan menjadi retak, hancur atau bahkan lembek.

“Jika tidak ada lubang, suhu panas menumpuk di dalam biskuit. Biskuit tersebut akan hancur dan kualitasnya tak bagus,” ujar Greenwell dalam sebuah acara televisi Inggris.

Suhu tersebut perlu disalurkan dengan baik untuk mendapatkan tekstur yang bagus dan merata. Namun, untuk biskuit chocco chip atau kacang misalnya, memang sengaja tidak dilubangi untuk memberikan tekstur retak. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *