DPR RI

Inilah Hasil Lembaga Survei Terkait Polemik Penambahan Kursi dan Kinerja di DPR RI

INSPIRADATA. Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menyatakan bahwa masyarakat tidak setuju dengan kebijakan penambahan jumlah kursi anggota DPR RI. Hal ini terbukti dari survei yang telah dilakukan oleh KedaiKOPI, sebanyak 81 persen responden tidak setuju dengan penambahan kursi DPR RI.

KedaiKOPI melakukan survei pada 200 responden di Jabodetabek melalui sambungan telepon, pada 27-28 Mei 2017 lalu. “Jajak pendapat dilakukan untuk merespon polemik tentang penambahan kursi di DPR RI,” ujar Founder KedaiKOPI, Hendri Satrio, seperti disitat dari Republika.co.id, Selasa (30/5).

Dari survei, Hendri melanjutkan, didapatkan 81 persen responden tidak setuju dan 16 persen responden tidak setuju dengan penambahan kursi DPR RI

Selain itu, pendapat terhadap hubungan penambahan dengan kinerja pun turut disurvei. Hasilnya, sebanyak 73 persen responden berpendapat, penambahan kursi DPR tidak akan berpengaruh pada kinerja DPR. Dan hanya 22 persen yang menyatakan berpengaruh, sisanya tidak menjawab.

Penambahan kursi DPR, kata Hendri, oleh para responden dinilai tidak akan memperbaiki komunikasi rakyat dengan anggota DPR.

“Ada 80 persen responden yang menyatakan demikian. Hanya 11 persen menyatakan penambahan kursi mempermudah komunikasi, dan sisanya tidak menjawab,” jelas dia.

Hendri menyatakan bahwa jajak pendapat ini dilakukan agar masyarakat pun memberikan input terhadap wacana penambahan kursi di DPR. Selain itu, tujuannya agar para anggota DPR mengetahui bagaimana kesan masyarakat terhadap polemik penambahan kursi dan kinerja DPR selama ini.

Khusus ranah kinerja DPR RI saat ini, lanjut Hendri, sebanyak 75 persen responden menyatakan tidak puas, 11 persen menyatakan puas, dan sisanya tidak menjawab.

Hendri menegaskan pemilihan responden ini dipilih secara acak. Tingkat pendidikannya pun dipilih dari mulai lulusan S1 sebanyak 81 persen, D3 12 persen, S2 6 persen, dan lulusan S3 2 persen. “Semua responden berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah saat jajak pendapat dilakukan,” tambah dia. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *