Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah Jenis Godaan Setan dalam Shalat

0

Setan seringkali menggoda manusia. Tidak hanya di klub malam atau di diskotik saja, atau tempat karaoke dan tempat maksiat lainnya. Bahkan ketika kita berada di masjid godaan setan dalam shalat pun sering menghantui. Dangat penting bagi kita untuk mengetahuinya. Apa sajakah bentuk godaan setan dalam shalat tersebut?

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menceritakan bahwa ada beberapa jenis godaan setan dalam shalat, sebagai berikut:

Pertama, Was-was dan Ragu-Ragu, Ketika Takbiratul Ihram.

Was-was dan ragu-ragu saat melakukan shalat dari takbir sampai salam bahkan dalam wudhu. Sehingga ia berulang-ulang melakukan wudhu. Ibnu Qayyim mengingatkan bahwa itu sebagai tanda bahwa setan sedang mengganggu kita.

BACA JUGA: Apa Hukumnya Gunakan Kopiah di Saat Shalat?

Kedua, Tidak Konsetrasi Saat Membaca.

Tidak Konsentrasi saat membaca, membaca bacaan shalat tetapi seperti tidak membaca. Bacaannya Kosong, hampa tidak merasakan apa-apa dari setiap kalimat yang dibacanya, ini merupakan gangguan dalam shalat.

Ketiga, lupa rakaat saat shalat.

Abu Hurairah pernah berkata; Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang dari kalian shalat, setan akan datang kepadanya untuk menggoda, sampai ia tidak tahu, berapa rakaat ia shalat. (muttafaqun alaih)

Keempat, Hadirnya Pikiran Yang Memalingkan Kekhusu’an

setan mengingatkan sesuatu yang ia tidak pikirkan sebelumnya, justru saat shalat setan akan mengingatkan, sehingga dia lalai, tidak khusuk dalam shalatnya dan shalatnya pun menjadi hampa dan kosong.

Kelima, Terburu-buru Untuk Menyelesaikan Sholat

setan akan membuat orang tergesa-gesa dan terburu-buru dalam shalat, sehingga shalatnya pun sangat cepat. Tidak ada thuma’ninah, ketenangan dan kedamaian.

Keenam, Melakukan Hal Di luar Gerakan Shalat

Jangan melakukan gerakan-gerakan yang tidak perlu dalam shalat. Dahulu ada seorang sahabat ketika sedang tasyahud sambil bermain kerikil. Ia membolak-balikkannya. Melihat hal itu, maka Ibnu Umar segera menegurnya selepas shalat.

BACA JUGA: Tipu Daya Setan? Jauhi dengan 8 Hal Ini

“Jangan bermain kerikil ketika solat kerana perbuatan tersebut berasal dari syaitan. Tapi kerjakan seperti apa yang dikerjakan Rasulullah SAW.” Orang tersebut bertanya: “Apa yang dilakukannya?” Kemudian Ibnu Umar meletakkan tangan kanannya diatas paha kanannya dengan jari telunjuk menunjuk ke arah kiblat atau tempat sujud. “Demikianlah saya melihat apa yang dilakukan Rasulullah SAW,” kata Ibnu Umar.- (HR Tirmidzi)

Ketujuh, menengok kanan kiri dan melirik

Rasulullah SAW bersabda: “Itulah curian setan pada mereka yang shalat. Karena itu, disunnahkan hanya melihat ujung sajadah tempat sujud kita.”

Kedelapan, menguap dan mengantuk.

menguap merukapakan godaan setan. Terkadang, sebelum shalat kita tidak mengantuk, tapi begitu masuk waktu shalat,sering kali kita menguap.Itu tanda setan mengganggu kita.

Kesembilan, bersin berulang-ulang.

Ibnu Mas’ud berkata, “Bersin yang tidak disenangi Allah adalah bersin sewaktu shalat dan bersin yang disenangi Allah adalah bersin diluar shalat.”

BACA JUGA: Inilah yang Sering Setan Lakukan Agar Kita Batalkan Sholat

Kesepuluh, Terasa Ingin Buang Air atau ingin Buang Angin

Setiap mau melaksanakan ahalat, sering muncul perasaan seperti itu. Anehnya selesai melaksanakan shalat rasa tersebut hilang. Nah jikalau demikian kita berada dalam godaan setan.

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila salah seorang dari kalian bimbang atas apa yang dirasakan di perutnya apakah telah keluar sesuatu darinya atau tidak, maka janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid sampai ia yakin telah mendengar suara (keluarnya angin) atau mencium baunya.”  (HR Muslim)

Hal-hal di atas adalah beberapa gangguan setan saat kita sedang shalat. Namun tidak menutup kemungkinan kita merasakan hal lain yang sekiranya mengganggu konsentrasi shalat kita. []

SUMBER: MUTARAPUBLIC.COM


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.