Inilah Kisah Gunung Berapi di Dekat Makam Rasulullah
Inilah Kisah Gunung Berapi di Dekat Makam Rasulullah

Inilah Kisah Gunung Berapi di Dekat Makam Rasulullah

INSPIRADATA. Selama ini, banyak yang mengira Arab Saudi adalah negara padang pasir. Padahal, Saudi juga memiliki bentang alam beragam, termasuk gunung berapi.

Dilansir oleh Dream, Rabu (31/5/2017). Tercatat ada 2.000 gunung berapi tidak aktif, namun tidak mati. Sejauh ini, telah terjadi 13 kali erupsi lahar.

Madinah merupakan kota yang memiliki gunung api dengan kawah terbesar. Letusan terakhir terjadi di Hijaz, arah tenggara Madinah, pada 1256 Masehi.

Letusan terjadi dalam beberapa hari dan lahar mengalir dalam radius lebih dari 23 kilometer. Aliran lahar terpanjang ada pada jarak 8,2 Kilometer dari makam Nabi Muhammad di Masjid Nabawi.

Gunung api fenomenal lainnya yaitu Al Qadr, yang terletak di tengah deretan pegunungan Khyber. Gunung api dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut ini dinyatakan telah mati.

Di dekat Taif, ada satu kawah vulkanik terdalam di Saudi. Kawan tersebut diperkirakan sedalam 240 meter dengan diameter lebih dari 2.500 meter.

Arab Saudi merupakan tujuan utama para ahli geologi. Negara ini memiliki banyak gunung berapi menonjol dengan formasi dan kawah yang unik.

Ada lebih dari 2.000 kawah gunung api. Beberapa di antaranya merupakan kawah vulkanik terindah di dunia, menurut Profesor Geologi King Saud University, Abdulaziz bin Laaboun.
Medannya sangat kasar dan sulit didaki. Kawah Gunung Al Qadr sangat dalam dan berongga besar. Mereka yang mampu mendaki gunung ini akan melihat sebaran lahar sejauh 50 kilometer.

Di dekat kawah Gunung Al Qadr, terdapat kawah Gunung Api Al Abyad. Kawah ini memiliki warna yang aneh dan bentang medan dengan berbagai bentuk. Gunung ini menjadi salah satu kawasan geologis paling terkenal.
Read more at http://www.uzone.id/kisah-gunung-berapi-terkenal-di-dekat-makam-rasulullah#kG6k0PUJFWPc6xt1.99


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *