mobil tercepat di dunia
Foto: CNET

Inilah Koenigsegg Agera RS, Mobil Tercepat di Dunia

Brand mobil asal Swedia, Koenigsegg, menciptakan kendaraan yang disebut-sebut sebagai mobil tercepat di dunia, mengalahkan Bugatti Veyron Super Sport.

Mobil tersebut dinamai Agera RS, dan bisa memecahkan rekor dengan dikendarai di jalan raya tertutup di kawasan Nevada, Amerika Serikat oleh Niklas Lilja, test driver Koenigsegg. Perekaman waktu dan kecepatan, dilakukan menggunakan Racelogic. Hasilnya, Koenigsegg Agera RS mampu melesat hingga kecepatan rata-rata mencapai 447 km/jam dan diakui Guinness World Record.

Mobil ini memiliki mesin berkekuatan hingga 1.360 tenaga kuda dengan torsi puncak 1.371 Nm. Daya itu dihasilkan mesin biturbo dengan konfigurasi V8, berkapasitas 5.0 liter. Hypercar ini total memiliki bobot mencapai 1.295 kilogram. Angka yang terbilang ringan untuk mobil dengan performa mesin tinggi.

Dilansir dari Motor1, rekor mobil terkencang di dunia masih terus diburu pabrikan mobil kencang. Sebut saja pabrikan asal Texas, produk terbarunya yang diklaim memiliki tenaga 1.600 tenaga kuda dengan torsi 1.762 Nm yang mampu menghasilkan kecepatan hingga 484 km/jam. Mesin yang digunakan pada Venom F5, yakni 7.4 liter twin-turbo V8. Namun usaha untuk memecahkan rekor ini, dilaksanakan menjelang tutup tahun nanti.

Selain itu, Bugatti juga tidak tinggal diam. Setelah Veyron Super Sport edisi World Record, pabrikan Prancis ini, mempersiapkan Chiron untuk memecahkan rekor kecepatan 2018 nanti. Saat ini Bugatti Chiron menggunakan mesin W16 8.000 cc quad-turbocharged. Mesin ini bisa menyemburkan tenaga hingga 1.500 daya kuda.

Sebelum Agera RS, karya Koenigsegg lainnya One:1 pernah memegang gelar mobil terkencang sejagad. Mobil ini merengkuh gelar tersebut di tahun 2015 dalam sebuah uji jalan di sirkuit tes Ängelholm, Swedia. Mobil ini menggunakan mesin V8 plus twin-turbo charged berkapasitas 5.0 liter. Mesin ini diklaim Koenigsegg bisa meletupkan daya hingga 1.341 hp.

Selain menciptakan kendaraan dengan kemampuan akselerasi tinggi yang dapat dipacu di jalan raya, juga memiliki nilai spesial karena statusnya yang terbatas. Artinya mobil dibuat hanya dengan jumlah tertentu. Seperti Koenigsegg One:1 yang hanya dibuat enam unit dan dijual dengan banderol USD 1,4 juta atau setara Rp 18,943 miliar. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *