foto Gambar Terbaru

Inilah Kondisi Khusus Bayi Perempuan yang Perlu Diketahui Orang Tua

foto Gambar Terbaru

INSPIRADATA. Anak perempuan memiliki kekhususan dalam hal perawatan dan pengasuhannya. Jenis kelamin yang berbeda antara anak perempuan dan laki-laki membuat cara merawat organ genital juga berbeda.

Khusus pada bayi perempuan, ada beberapa kondisi istimewa pada Miss V yang terjadi usai dia lahir. Kondisi ini perlu dipahami oleh orang tua agar tidak kaget setelah melahirkan bayi perempuannya.

Dikutip dari Redbook, Rabu (4/1/2017), berikut ini kondisi istimewa Miss V bayi perempuan usai dilahirkan menurut para pakar kesehatan:

  1. Labia (bibir vagina) mungkin saja bisa bengkak saat lahir. Saat ibu baru membersihkan vagina putrinya yang baru lahir kemudian mendapati kondisi bibir vagina bengkak, jangan panik. Beberapa bayi perempuan mengalami pembengkakan serius pada bibir vagina. Hal ini terjadi karena ada cairan ekstra serta faktor hormon dalam tubuhnya. Menurut dokter anak untuk Baby Center, David Geller, kondisi bibir vagina akan membaik dalam waktu sekitar 10 hari.
  2. Mengganti diaper lebih lama dibanding anak laki-laki. Mengganti popok tidak sesederhana pada anak laki-laki. Ada sudut dan celah-celah di organ genital anak perempuan yang perlu dibersihkan saat mengganti diaper. Jangan lupa juga untuk membersihkan dari depan ke belakang untuk menghindari perpindahan bakteri ke vagina.
  3. Ada cairan selain pipis dan kotoran di diaper. Di minggu pertama sejak ia lahir, sebagian orangtua mungkin kaget saat melihat ada seperti lendir, darah, atau cairan seperti susu keluar dari miss V bayi. Namun ini adalah hal normal yang terjadi pada bayi perempuan yang baru lahir. Hal ini terjadi karena efek hormonal. Namun, bila keluar cairan tersebut lebih dari seminggu pertama sejak ia lahir, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.
  4. Bayi perempuan juga bermain dengan organ genitalnya. Mungkin Anda pernah melihat bayi laki-laki memegang penisnya, dan hal yang sama juga terjadi pada anak perempuan. Ini merupakan bagian perkembangan yang normal, dan akan berlalu seiring waktu.[]

Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *