Mahar Seperangkat Alat Shalat dan Al-Quran
Foto: Mahar Seperangkat Alat Shalat dan Al-Quran (youtube)

Inilah Makna Dibalik Mahar Seperangkat Alat Shalat dan Al-Quran

Mahar Seperangkat Alat Shalat dan Al-Quran
Foto: Mahar Seperangkat Alat Shalat dan Al-Quran (youtube)

INSPIRADATA. Sebagai seorang muslim seperangkat alat shalat dan Al-Qur’an sering dianggap sebagai mahar yang umum diberikan seorang suami kepada istrinya.

Selain itu, Seperangkat alat shalat dan biasanya ditata sedemikian rupa di sebuah baki, disandingkan dengan Al-Qur’an dan dihiasi berbagai bebungaan yang membuatnya terlihat indah. Mas kawin ini terlihat islami dan sakral, juga murah meriah dan mudah didapatkan di pasar, padahal ada beban yang amat berat di baliknya.

Dilansir oleh Daily Moslem, Ketika seorang lelaki memberikan mahar berupa seperangkat alat shalat pada saat akad nikah, sesungguhnya dia telah berjanji untuk mengajarkan shalat dan juga menjaga shalat istrinya, agar sang istri terus meningkatkan kualitas sholatnya dan tidak pernah meninggalkan shalat.

Sedangkan makna dibalik pemberian mushaf Al-Qur’an pada saat akad nikah berarti sang suami berjanji untuk mengajarkan kepada istrinya akhlaqul Qur’an, menjalankan rumah tangga berdasarkan Al-Qur’an, juga mengajarkan kepada istrinya seluruh isi Al-Qur’an dari surat Al-Fatihah hingga surat An-Naas.

BACA JUGA: 

Mahar Pernikahan Sejoli ini Kain kafan? Alasannya Mengaharukan..

Mahar Nikah yang Paling Baik, Ini Dia

Jadi, bagi para istri yang dimahari oleh seperangkat alat shalat dan Al-Qur’an namun belum merasa dididik untuk meningkatkan kualitas shalat dan diajari isi Al-Qur’an, tidak ada salahnya menagih janji pada suami. Juga bagi para suami yang pernah memberi mahar kedua benda di atas, sebaiknya segera memenuhi janji untuk menyampaikan akhlaqul Qur’an pada istri, juga mendidiknya untuk meningkatkan kualitas shalat.

Itulah makna dibalik mahar seperangkat alat shalat dan Al-Quran. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *