Inilah Manfaat Istinsyaq Menurut Kesehatan

Istinsyaq adalah menghirup air kedalam hidung, dan istintsar adalah mengeluarkan air setelah istinsyaq. Hal ini biasanya dilakukan saat berwudhu, dimana saat berwudhu bukan hanya membasahi hidung secara sekilas, namun lebih dari itu menghirup air kedalam hidung.

Meski awalnya sedikit linu pada hidung, namun jika hal ini dilakukan dengan benar tentu kita dapat merasakan manfaat istinsyaq.

Bukan tanpa alasan Islam memberikan petunjuk kepada umatnya untuk menghirup air kedalam hidung saat wudhu. Dari segi medis, ternyata istinsyaq dalam berwudhu tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hanya saja sebagian orang kurang memperhatikannya.

“Jika salah seorang diantara kamu bangun dari tidur, maka hendaklah dia ber istintsar (mengeluarkan air dari hidung setelah istinsyaq (menghirup air ke hidung) tiga kali, sebab syetan menginap di rongga hidungnya” (HR. Bukhori Muslim).

Dikutip dari laman eramuslim, sebuah penelitian yang dilakukan Muhammad Salim tentang manfaat kesehatan wudhu menjelaskan bahwa berwudhu dengan cara yang baik dan benar, maka tubuh seseorang akan terhindar dari segala penyakit.

Hasil analisisnya, orang-orang yang tidak berwudhu warna hidung mereka memudar dan berminyak, terdapat banyak kotoran dan debu. Ditambahkanya, rongga hidung mereka itu memiliki permukaan yang lengket dan berwarna gelap. Adapun orang-orang yang teratur dalam berwudhu, permukaan rongga hidungnya tampak cemerlang, bersih, dan tidak berdebu.

Beberapa orang membuktikan bahwa kebiasaan Istinsyaq secara rutin dapat mencegah datangnya pilek dan hidung tersumbat. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *