Terbangun

Inilah Manfaat Tidur Siang Saat Puasa, Bisa Anda Coba!

INSPIRADATA. Tak boleh makan dan minum saat puasa, tubuh terasa lemas, tapi pekerjaan dan aktivitas pada siang hari sudah beres. Salah satu solusinya adalah tidur siang saat puasa Anda, selain untuk menghemat energi sesaat untuk ibadah malam nanti–tidur siang pun– bermanfaat lain, lho!

Beberapa manfaatnya seperti berikut ini:

Membuat pencernaan membersihkan diri

Dengan tidur siang tanpa mendapatkan asupan makanan atau minuman apapun, maka perut akan memilliki kesempatan untuk melakukan proses pembersihan alami sehingga bisa mengeluarkan berbagai macam racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Mengeluarkan gas dari tubuh

Seringkali, perut kita terasa kembung dalam waktu yang cukup lama setelah sahur. Dengan melakukan tidur siang, maka perut pun akan bisa mengeluarkan gas yang membuat rasa tidak nyaman tersebut. Biasanya, setelah bangun tidur, kita akan ingin kentut dan setelah melakukannya, perut menjadi terasa lebih nyaman.

Menjaga sistem metabolisme tubuh

Banyak orang yang kekurangan waktu tidur di bulan puasa karena harus bangun dini hari demi melakukan santap sahur. Padahal, kurang istirahat bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh dan fungsi pencernaan. Dengan tidur siang, kita bisa membuat tubuh beristirahat dan membantu menjaga sistem metabolisme tetap berjalan dengan semestinya.

Menurunkan stress

Dengan tidur siang, kita bisa membuat pikiran beristirahat sehingga kita pun akan menurunkan stress. Hal ini ternyata bisa membuat kita mencegah datangnya masalah kesehatan layaknya diare, asam lambung, hingga infeksi pencernaan.

Membantu penyerapan nutrisi

Tidur siang membantu sistem pencernaan tubuh menyerap nutrisi makanan dengan baik. Hal ini tentu akan berimbas pada tubuh yang tetap bugar dan berenergi saat berpuasa.

Sumber 


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *