Inilah Minuman bagi Penghuni Neraka

0

Neraka selalu digambarkan yang menyeramkan dan menyedihkan. Neraka adalah tempat di mana orang-orang mempertanggungjawabkan perbuatannya ketika di dunia. Lalu seperti apa minuman penduduk neraka? Minuman mereka adalah hamim, ghislin, dan ghassaq. Allah SWT berfirman:

“Inilah azab neraka, biarlah mereka merasakannya. Minuman mereka air yang sangat panas dan air yang sangat dingin (ghassaq). Dan azab yang lain yang serupa itu berbagai macam,” (Qs. Shad [38]: 57-58).

Ghislin dan ghassaq yakni cairan yang keluar dari kulit penduduk neraka. Ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan kedua kata tersebut adalah cairan busuk yang keluar dari bagian-bagian rahasia tubuh wanita dewasa, dan kulit atau daging orang kafir yang membusuk. Al-Qurthubi berkata, “Ghislin adalah jus yang diminum penghuni neraka.” [1] Allah SWT berfirman bahwa ghislin merupakan satu dari sekian banyak azab bagi penduduk neraka.

Minuman penduduk neraka adalah hamim. Allah SWT berfirman:

“Dan diberi minum dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya,” (Qs. Muhammad [47]: 15).

“Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek,” (Qs. Al-Kahfi[18]: 29).

“Dan ia akan diberi minum dengan air nanah; diminumnya air nanah itu dan hampir ia tidak bisa menelannya,” (Qs. Ibrahim[14]: 16-17).

“Inilah azab neraka, biarlah mereka merasakannya; (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin,” (Qs. Shad[38]: 57).

Menurut ayat-ayat tersebut, terdapat empat macam minuman yang harus diminum oleh para penghuni neraka sebagai berikut:

1) Hamim, yakni air yang sangat panas, sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala, “Mereka berkeliling di antaranya dan di antara (hamimin) air panas yang memuncak panasnya,” (Qs. Ar-Rahman [55]: 44). Sebagaimana diterangkan Allah subhanahu wa ta’ala dalam ayat berikut, “air ini sangat panas sekali: “… diberi minum (dengan air) dan sumber yang sangat panas,” (Qs. Al-Ghasyiyah[88]: 5).

2) Ghassaq, yang telah dibicarakan sebelumnya. Selain sebagai minuman, ghassaq juga sejenis makanan yang harus dimakan penduduk neraka.

3) Shadid (nanah), yang keluar dari daging dan kulit orang kafir. Muslim meriwayatkan dari Jabir bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam telah bersabda, “Siapa saja yang meminum minuman yang mengandung alkohol, akan minum lumpur khabal.” Para Sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apakah lumpur khabal itu?” Beliau menjawab, “Keringat para penduduk neraka.” –atau “Nanah yang dikeluarkan oleh para penghuni neraka.”

4) Mahl. Menurut hadits yang berasal dari Abu Said al-Khudri yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmidzi, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Ia seperti minyak yang mendidih, yang apabila didekatkan kepada wajah seseorang, maka kulit wajahnya akan meleleh ke dalamnya.” Ibn ‘Abbas berkata, “Ia seperti minyak yang sangat kental.” []

Keterangan: [1] Yaqazah Uli al-I’tibar, hal. 86

Sumber: Lampus Islam

Kamu Sedang Offline