leukimia
Foto: blog.wellcome.ac.uk

Inilah Mitos Tentang Kanker Darah Leukimia yang Harus Anda ketahui

Penyakit Leukimia sebenarnya tidak memiliki gejala yang jelas. Namun, leukimia memiliki banyak gejala yang dapat membantu mendeteksi penyakit ini. Beberapa gejala bagi penderita leukimia adalah adanya luka yang tidak kunjung sembuh, sering mengalami mimisan atau pendarahan dari hidung, pendarahan pada gigi dan gusi, nyeri pada persendian atau bagian tulang belakang, dan rentan terhadap penyakit karena sel darah di dalam tubuh tidak berfungsi secara normal karena jumlahnya yang berlebihan.

Berikut adalah mitos tentang penyakit leukimia yang perlu Anda ketahui yang dikutip hellosehat.

Leukimia adalah satu-satunya kanker darah pada manusia
Leukimia hanyalah salah satu dari tiga jenis kanker darah, yaitu limfoma yang menyerang sistem limfa dan myeloma yang menyerang sel plasma dan tubuh. Sedangkan leukimia lebih spesifik pada kanker yang terjadi dalam darah dan sumsung tulang belakang.

Tanaman dolar bisa jadi penyebab leukimia
Beberapa waktu lalu sempat muncul berita yang mengatakan bahwa tanaman dolar yang sering ditanam di rumah, dapat menyebabkan kanker leukimia. Meskipun tanaman ini beracun dan dapat menyebabkan gatal-gatal atau iritasi jika tertelan, namun sebuah studi telah menemukan bahwa tanaman ini tidak menyebabkan leukimia.

Studi yang dilakukan oleh Lembaga Pengetahuan Indonesia telah menemukan bahwa tanaman dolar mengandung oksalat, senyawa yang dapat menimbulkan perasaan gatal. Namun, zat oksalat tersebut bukanlah zat karsinogen yang dapat memicu kanker leukimia. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *