foto: istimewa

Inilah Mobil yang Pertama Kali Kena Tilang

INSPIRADATA. Selain karena melanggar sanksi –tidak mengenakan atau memakai yang sudah ditentukan– tilang atau tindakan pelanggaran pun bisa divoniskan karena melebihi batas kecepatan, betul?

Salah satu di dunia, Indonesia misalnya mobil melaju dengan kecepatan mobil melebihi 80 km/jam bisa dianggap melanggar batas maksimum di beberapa jalan tertentu.

Mengenai sejarah, tahukah Anda, mobil yang melanggar batas kecepatan pertama kali? Adalah Mobil Carriage keluaran tahun 1896. Mobil yang kena tilang, kendaraan itu dikejar oleh polisi menggunakan sepeda dan melaju dengan kecepatan 13 km/jam dikendarai oleh Walter Arnold.

Mobil tersebut terlihat empat kali melanggar batas kecepatan di daerah Kent Countryside. Arnold merupakan orang pertama yang memiliki lisensi untuk menjual mobil Benz juga didenda karena berkendara lebih dari 13 km/jam.

Meskipun mobil tersebut bukan merupakan mobil super atau hot hatch tapi bisa melanggar kecepatan pada saat itu.

Saat batas kecepatan diubah menjadi 22,5 km/jam,  Arnold kemudian mengikuti kompetisi tahunan dari London ke Brighton.

Dan, mobil tersebut pun dipajang di The Concours of Elegance yang mengambil tempat di Hampton Court Palace bersamaan dengan mobil Jaguar XJR-9 dan McLaren F1 GTR dengan kecepatan 386 km/jam.

Sumber: Detik | Drivespark


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *