Inilah Orang yang Menginspirasi Aamir Khan Sebagai Tokoh Utama di Film 3 Idiots

foto: reacho.in

INSPIRADATA. Inilah Orang yang Menginspirasi Aamir Khan Sebagai  Tokoh Utama di Film 3 Idiots. Namanya Sonam Wangchuk.

Ia  lahir pada tanggal 1 September 1966 di Uley Tokpo, dekat Alchi, Ladakh yang merupakan jalur Trans Himalaya. Desa ini amat kecil, hanya dihuni oleh lima kepala keluarga dan tak punya sekolah. Sonam kecil hanya mendapatkan pengetahuan dari bibir ibunya dan tak mengenyam pendidikan sampai ia berusia 8,5 tahun.

Kehidupannya mulai berubah ketika dibawa sang paman pindah ke Nubra dan mulai mencicip bangku sekolah. Hanya dalam waktu enam bulan sejak masuk sekolah, guru menyarankan Sonam untuk langsung duduk di kelas 3 bersama para murid seusianya karena ia dianggap punya kecerdasan yang sama dengan mereka yang memulai pendikannya di usia 6 tahun.

Dari Nubra, Sonam dipindahkan ke Srinagar, kota tempat ayahnya bekerja. Disana ia dianggap sebagai anak yang aneh lantaran bahasannya berbeda. Ia pun dianggap sebagai anak yang bodoh. Kemampuan Sonam terasah ketika ia pindah ke Delhi dan mulai sekolah di Vishesh Kendriya Vidyala. Dan, akhirnya ia bisa masuk ke National Institute of Technology.

Dilansir dari Kapanlagi.com, sejak tahun 2014 Sonam memulai proyek Ice Stupa untuk membantu sistem irigasi warga di sekitar Ladakh. Selama ini petani di sana selalu mengalami krisis air selama bulan April dan Mei, di mana matahari belum bersinar dengan sempurna dan membuat es tidak bisa mencair. Sementara pada musim panas, es mencair terlalu cepat dan membuat petani kehabisan air bahkan sebelum musim panas usai.

Dari sinilah Sonam memiliki ide untuk membuat Ice Stupa. Bersama murid-muridnya, pada musim dingin 2013 Sonam membekukan air sebanyak 150.000 liter. Menggunakan pipa hulu yang memanfaatkan gravitasi Bumi, air itu mengalir dan menjadi hujan kecil di satu titik. Air itu membeku sebelum menyentuh tanah dan membentuk gundukan seperti stupa. Inilah yang kemudian disebut Sonam sebagai Ice Stupa.

Gundukan es beku ini akan mencair pada bulan Mei kala matahari mulai memanas dan memberikan sumber air pada warga ketika diperlukan. Ide ini ternyata sukses, ladang-ladang kering di kawasan yang selama ini tak tersentuh air mulai menghijau dan petani tak lagi kekurangan air di musim tanam.

Atas idenya, Sonam dianggap sudah membantu menyelamatkan lingkungan. Ia pun diundang Pemerintah Swiss untuk membuat Ice Stupa di kawasan Pegunungan Alpen yang mengalami masalah sama dengan Himalaya.

Sonam pun mendapatkan penghargaan dari Rolex Award, yang tidak hanya memberinya uang tapi juga jam dengan grafir nama spesial di belakangnya.

Saat ini Sonam sedang berjuang mengumpulkan donasi untuk proyek Ice Stupa-nya. Rolex sudah mendeklarasikan bakal jadi sponsor tetap proyek ini, dan Sonam berharap akan dapat lebih banyak dukungan demi alam yang lebih baik.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *