Inilah Orang yang Pertama Kali Lakukan Selfie

robert-cornelius
Foto: Public Domains Review

INSPIRADATA. Pada tahun 2013, Oxford Dictionaries memperkenalkan sebuah kosa kata baru, yakni “selfie.” Selfie didefinisikan sebagai “sebuah potret diri yang diambil oleh diri sendiri, biasanya diambil dengan menggunakan smartphone atau webcam dan kemudian mengunggahnya ke situs media sosial.”

Meskipun teknik ini marak digunakan dewasa ini, selfie itu sendiri bukan fenomena di era modern. Memang, fotografi tentang potret diri sangat mengejutkan publik pada awal-awal eksplorasi dan penemuan fotografi, ketika itu orang lebih sering bereksperimen untuk bertindak sebagai model.

Bahkan, foto yang dianggap oleh kebanyakan orang sebagai potret fotografi pertama sepanjang sejarah, adalah foto selfie.

Adalah Robert Cornelius, seorang ahli kimia amatir dan penggemar fotografi dari Philadelphia yang pertama kali melakukan selfie, Demikian sebagaimana dikutip dari Public Domain Review.

Pada tahun 1839 Cornelius memasang sebuah kamera di bagian belakang toko keluarganya di Philadelphia. Dia mengambil gambar dengan menghilangkan tutup lensa dan kemudian berjalan ke dalam bingkai, di mana ia duduk sebentar sebagai model sebelum menutup lensa. Pada bagian belakang foto ia menulis “foto dengan pencahayaan pertama yang pernah diambil pada tahun 1839”. []


Artikel Terkait :

About Sodikin

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *