mc, Inilah Pentingnya Seorang Pembawa Acara
Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah Pentingnya Seorang Pembawa Acara

0

 

Pembawa acara merupakan jantungnya dari sebuah acara baik itu seminar, pernikahan, dan lain sebagainya, selain pemateri yang hadir. Peranan pembawa acara ini juga menentukan bahwa acara tersebut bisa dibilang bagus atau tidak oleh para tamu atau peserta yang datang.

Menurut Letitia Baldrige, pembawa acara yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa acara berjalan lancar, tepat waktu, dan bahwa semua orang penting pada acara tersebut diperkenalkan secara terhormat dan professional.

Selain peran pembawa acara yang disampaikan di atas, berikut ini kami rangkum peran pembawa acara sebagai berikut:

Pertama, mengumumkan acara atau susunan acara yang akan berjalan. Di sini ia berfungsi sebagai ‘announcer’. Karenanya, ia menjadi orang yang paling tahu secara detail susunan acara serta materi dan pematerinya.

Kedua, menarik perhatian hadirin untuk mengikuti jalannya acara dari awal hingga akhir. Hadirin akan tertarik pada pembawa acara dari segi penampilan fisiknya yang terlihat dan ucapannya yang terdengar, dari segi audio pembawa acara hendaknya memperhatikan formula ‘B-C-A-E’, dimana ‘B-C-A-E’ ini ringkas, jelas, dapat didengar dengan baik, dan lancar.

Nah, dari segi penampilan (visual) hendaknya seorang pembawa acara memperhatikan hal berikut: wajah yang ramah, ceria, dan segar, dari segi pakaian harus serasi, enak dipandang, tidak mencolok, dan norak, gerakan pembawa acara juga harus wajar tidak dibuat-buat, dan yang terakhir pembawan dari pembawa acara itu harus tenang, berwibawa, dan simpatik.

Ketiga, mengatasi hambatan-hambatan jalannya acara dan bertanggung jawab agar acara tetap berjalan lancar.

Nah, ternya peranan seorang pembawa acara itu tidaklah mudah, tetapi sungguh berat karena tanggung jawab yang harus dipikulnya adalah suksesnya acara tersebut. []

Referensi: Kiat Memandu Acara/Asep Syamsul/Nuansa/2009


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.