penyebab down syndrome
Foto: doktercoass.com

Inilah Penyebab Banyaknya Penderita Down Syndrome di Dunia

Penderita Down Syndrome di dunia diperkirakan berjumlah 8 juta. Hal ini diungkapkan World Health Organization (WHO). Spesifiknya, ada 3.000-5.000 anak lahir mengidap kelainan kromosom per tahunnya.

Sedangkan di Indonesia, terdapat 0,12 persen penderita Down Syndrome pada 2010. Angka itu meningkat jadi 0,13 persen di 2013. Data ini mengacu pada Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan.

Dilansir Tempo, Down Syndrome disebabkan karena adanya kelainan perkembangan kromosom. Kelainan itu mengganggu perkembangan fisik dan mental anak.

Kromosom merupakan unit genetik yang tersusun atas DNA dan protein. Kromosom itu ditemukan dalam setiap inti sel makhluk hidup. Pada kondisi normal, manusia memiliki dua kromosom 21. Sementara dalam tubuh penderita Down Syndrome terkandung tiga kromosom 21.

“Kelebihan kromosom inilah yang menjadi ciri dari Down Syndrome atau yang dikenal dengan istilah Trisomi 21,” lansir Tempo, Senin (6/11/17).

Kelainan kromoson terdiri dari beberapa jenis, yakni Down Syndrome, Patau Syndrome, Edward Syndrome, Klinifelter Syndrome, dan Turner Syndrome.

Direktur Utama Prodia Widyahusada Tbk, Dewi Muliaty , menyatakan bahwa kelainan kromosom yang paling sering terjadi berjenis Down Syndrome. Dewi melanjutkan, kelainan kromosom pada janin dapat terdeteksi sejak bayi masih di dalam kandungan. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *