Badan Selalu Lemas Ketika Puasa (Ilustrasi)

Inilah Penyebab Sederhana Mengapa Kita Merasakan Lemas Ketika Puasa

INSPIRADATA. Puasa terkadang membuat orang menjadi malas beraktivitas. Karena kebanyakan orang merasakan lemas ketika melaksanakan puasa, apalagi ketika memasuki waktu siang menjelang sore.

Lantas, selain rasa lapar, apa penyebab yang terjadi pada tubuh ketika puasa, sehingga tubuh kita terasa lesu dan lemas?

Dr. M. Shelton dalam bukunya At Tadawi bi ash-Shiyam, menjelaskan penelitian seorang dokter bernama Beriztens. Ia menilai bahwa rasa lemas yang mengiringi puasa adalah hanya kondisi fisik semata.

Berdasarkan sejumlah penelitian dan uji coba laboratorium, puasa sebenarnya tidak menyebabkan gejala lapar, lelah ataupun lemas. Termasuk tidak menyebabkan sakit, khususnya pada hari pertama puasa.

Menurut Dr. Beriztens, faktor yang menimbulkan gejala di atas adalah pemberhentian mendadak kebiasaan konsumsi makanan. Selain itu, perasaan lemas juga dipengaruhi oleh kebiasaan makan yang buruk dan berlebihan dalam mengonsumsi makanan.

“Kelompok yang paling banyak mengeluhkan gejala ini biasanya adalah orang gemuk, dan orang-orang yang hidup mewah atau hedon,” katanya.

Perasaan yang kita rasakan selama puasa, berbeda dengan kondisi fisiologis lapar sebenarnya. Lapar yang hakiki adalah saat dimana tubuh kita kehilangan sebagian besar cadangan makanan di dalam tubuh. Jadi, cermatlah dalam menganalisa kondisi tubuh, apakah kondisi tubuh anda memang buruk atau hanya sugesti saja. []

 

Sumber: Republika


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *