fakta unik surat al-baqarah
Foto: About Islam

Inilah Penyebab Sempitnya Kehidupan

Al-Quran adalah kitab umat Islam, yang menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan di dunia. Al-Quran berisi petunjuk-petunjuk bagi umat manusia guna menuju jalan kebaikan, kebenaran dan keselamatan. Bukan hanya untuk keselamatan di dunia, tapi juga di akhirat.

Sudah seharusnya Al-Quran harus selalu ada dalam keseharian seorang muslim. Seorang muslim hidupnya tidak akan jauh dengan Al-Quran. Untuk itu, hendaknya Al-Quran dibaca dan dipahami oleh setiap muslim setiap hari.

BACA JUGA: Ketika Alquran Jelaskan Keajaiban Pembentukan Awan

Meskipun disibukkan dengan berbagai aktivitas, seorang muslim harus berusaha agar bisa membaca kitab yang juga pedoman hidup itu. Lalu bagaimana jika mengaku Muslim tapi melalaikan untuk membaca Al-Quran? Tidak lain, mereka akan termasuk ke dalam orang-orang yang merugi. Mereka meninggalkan kesempatan emas mendapatkan segudang manfaat dan berkah membaca Al-Quran.

Bahkan kerugian meninggalkan membaca Al-Quran sudah dijelaskan dalam Al-Quran itu sendiri. Kehidupan mereka yang jauh dari Al-Quran akan mengalami hal yang serba sulit. Seperti dalam ayat Al-Quran, yang artinya, “Siapa yang berpaling dari peringatan-Ku (Al-Quran) maka untuknya penghidupan yang sempit kemudian Kami himpunkan dia pada hari kiamat dalam keadaan buta,” (QS. Thoha :124).

BACA JUGA: 4 Jenis Makanan Sehat yang Dianjurkan Alquran

Kehidupan yang sempit, yakni tidak tenang dan tenteram, dadanya tidak lapang. Bahkan terasa sempit dan sesak karena kesesatannya. Meskipun keadaan luarnya memperoleh kenikmatan, memakai pakaian mewah, memakan makanan yang enak dan tinggal di mana saja yang ia kehendaki, namun hatinya jika tidak di atas keyakinan yang benar dan petunjuk. Maka tetap dalam kegelisahan, keraguan dan kebimbangan. Hal ini termasuk ke dalam kehidupan yang sempit.

Ibnu Abbas berkata tentang kehidupan yang sempit, yaitu kesengsaraan. Menurut Abu Sa’id, kehidupan yang sempit adalah disempitkan kuburnya sehingga tulang rusuknya bertabrakan. Wallahu A’lam. []

Sumber:  www.tafsir.web.id


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *