susah berhenti merokok
Piala Inc (foto: joinfo)

Inilah Penyebab Utama Orang Susah Berhenti Merokok

Rokok memang selalu menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Ada yang menolaknya secara terang-terangan, ada juga yang membelanya. Terutama bagi seorang perokok yang sudah menjadi pecandu, segala pembelaan akan dilakukan agar rokok menjadi ‘halal’ di matanya.

Menurut data yang dikutip dari Hello Sehat, lebih dari sepertiga atau 36,3 persen penduduk Indonesia saat ini adalah perokok. Angka ini ternyata 10 kali lipat dari total penduduk Singapura.

Rokok juga telah merenggut setidaknya 235 ribu jiwa masyarakat Indonesia per tahunnya. Ironisnya, meski setiap bungkus rokok bergambarkan peringatan bahaya merokok yang seram, hal ini tidak lantas membuat para perokok berhenti merokok. Lalu, apa sih yang membuat seseorang sulit berhenti merokok?

Jawaban utamanya adalah nikotin. Zat ini ada pada tembakau, yang mempunyai efek candunya sama kuat seperti heroin atau kokain. Saat Anda merokok, nikotin masuk ke dalam paru-paru dan kemudian diserap ke dalam aliran darah. Semua mengalir ke dalam tubuh bersama dengan karbon monoksida dan racun lainnya.

Nikotin inilah yang membuat Anda kecanduan merokok, sehingga tak lagi bisa mengendalikan hasrat terhadap apa yang Anda lakukan. Hal ini menyebabkan Anda menghalalkan segala cara demi menuruti kecanduan itu.

Seiring dengan semakin banyaknya batang rokok yang Anda isap, sistem saraf otak akan semakin terbiasa dengan paparan nikotin. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar nikotin pada darah perokok. Lambat laun, tubuh Anda akan membangun toleransi terhadap nikotin.

Hal ini membuat perokok ingin terus merokok kembali. Itu sebabnya seorang perokok bisa dengan cepat dan mudah menjadi kecanduan terhadap nikotin.

Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan bahwa efek kecanduan ini membuat Anda sulit berhenti merokok. Tak peduli apa risiko yang mungkin menggerogoti Anda nantinya. []

Sumber: Hello Sehat


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *