Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah, 3 Perkara yang Kerap Mengganggu Kekhusyukan Shalat Anda!

0 430

INSPIRADATA. Shalat adalah saat-saat dimana kita berinteraksi dengan Sang Maha Pencipta. Sehingga dalam pelaksanaannya diperlukan kekhusyukan agar setiap bacaan dan gerakan kita dalam shalat dapat kita maknai.

Akan tetapi tak mudah untuk menghadirkan kekhusyukan dalam shalat, ada saja hal-hal yang mengganggu bahkan tak jarang membuat shalat yang kita lakukan terganggu dan batal.

Dilansir oleh Republika, Qadi Syekh Badruddin bin Abdullah as-Syibli dalam kitabnya Gharaib wa ‘Ajaib al-Jin mengemukakan, di antara perkara yang kerap muncul ketika shalat itu adalah:

Pertama, perasaan seakan kita buang gas, namun tidak mencium bau apa pun atau mendengar suara lazimnya buang gas atau kentut.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memberi solusi kepada salah seorang sahabat yang mengadu, ketika sedang shalat ia merasakan kejadian itu. Seakan-akan kentut, tetapi tidak mendapatkan bekas apa pun.

Rasulullah Shallallhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaknya siapa pun dari kalian tidak membatalkan shalatnya sampai ia mendengar suara (kentut) atau mencium baunya,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Abdullah bin Mas’ud menjelaskan, munculnya kondisi tersebut disebabkan ulah setan yang mengganggu manusia melalui aliran darah. Bila seseorang shalat, setan datang dan mengintai siapapun agar kita tidak mendapatkan kekhusyukan.

Kedua, rasa kantuk. Rasa kantuk kerap tiba ketika kita sedang melaksanakan shalat, dan ini berdampak fatal bagi konsentrasi kita ketika shalat.

Abdullah bin Mas’ud pernah berkata bahwa, rasa kantuk ketika shalat adalah gangguan setan kepada manusia agar kekhusyukan shalatnya terganggu. Namun, berbeda halnya dengan rasa kantuk ketika berjihad, rasa kantuk ketika berjihad justru anugerah dari Allah SWT.

Ketiga, bersin dan kuap secara tiba-tiba. Menurut Abdullah bin Mas’ud bersin dan kuap yang secara tiba-tiba terjadi, pada saat anda melaksanakan shalat termasuk gangguan setan.

Abdullah bin Mas’ud menganjurkan agar terhindar dari gangguan tersebut adalah dengan cara membaca istighfar dan al-mu’awwidzatain, yaitu surah al-Falaq dan surah an-Naas. []

Redaktur: Ferry Ardiyanto Kurniawan

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline