foto: twitter

Inilah Rahasia Komentar Unik Ala Bung Ahay

foto: twitter

INSPIRADATA.  ‘Suami muda’ dan ‘serangan 7 hari 7 malam’ merupakan beberapa ungkapan yang menjadi viral bersamaan dengan kemeriahan Piala AFF 2016. Ungkapan tersebut keluar dari komentator bernama lengkap Hadi Gunawan. Saking identiknya dengan komentar, ‘Ahaii’ pria ini pun kerap disapa Bung Ahay. Apa sebenarnya rahasia dibalik kata-kata uniknya yang bisa menjadi begitu populer di masyarakat?

Dilansir dari Brillio, Bung Ahay mengatakan apa yang ia katakan selama menjadi komentator itu bukan untuk terlihat beda dengan yang lain.

“Itu hanya kata-kata spontan saja untuk menggambarkan situasi pertandingan yang ada,” ujarnya.

Bung Ahay adalah seorang wartawan yang sekarang menjadi produser olahraga di stasiun televisi RCTI. Ia mulai naik daun sebagai komentator ketika memandu pertandingan Timnas Indonesia melawan Filipina pada tahun 2013 lalu. Ketika itu ia mempopulerkan kata ‘Ahay’ yang jadi ciri khasnya hingga kini.

Ia merasa wajar saja bila ada orang yang nggak suka dengan gayanya tersebut. Ia menyadari betul dalam apapun yang dikerjakan pasti ada yang akan suka maupun tidak suka, termasuk ketika dia menjadi komentator dua laga semifinal AFF Cup 2016 yang kemudian banyak dikomentari oleh banyak orang, bahkan dibuat meme-memenya.

“Ya nggak nyangka aja karena saya nggak mempersiapkan kata-kata itu, saya santai saja (terhadap tanggapan pemirsa). Yang penting kita membawakan reportase dengan benar, fair dan menguasai data dan teknis yang baik karena komentator di Indonesia dituntut untuk menguasai keduanya,” tambahnya via telepon, “Kalau dulu komentator terkesan flat nggak menggebu-gebu nadanya, maka saya biasa membawakan pertandingan dengan tempo yang lebih cepat. Nggak seperti orang-orang pidato yang begitu formal.”

Dalam memandu pertandingan, Bung Ahay mengaku komentator-komentator yang menjadi referensinya adalah dari televisi Amerika Latin dan Arab. Seperti diketahui, komentator-komentator yang berasal dari negara-negara di kawasan tersebut memang terkenal dengan bahasanya yang terkesan heboh.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Akankan Mou Sukses di Spurs?

Tujuannya jelas: mengarahkan klub kembali ke empat besar dalam jangka pendek dan, selama 18 bulan ke depan, mendapatkan beberapa trofi. Bisakah Mou?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *