saat mengalami perampokan
Foto: kompas.com

Inilah Sikap yang Tepat Saat Menghadapi Aksi Kejahatan di Jalanan

Aksi kejahatan, perampokan dan pengerusakan mobil kerap terjadi di jalan, apalagi perampokan spion. Lalu bagaimana sebaiknya langkah kita saat mengalami kejadian itu?

Langkah dasar yang harus dilakukan ialah tetap tenang dan jangan bertindak agresif.

“Langkah-langkah terbaik saat mengalami perampokan, contohnya spion, dalam kacamata defensive driving, dimulai dari tetap bersikap tenang. Perampasan spion biasanya cuma butuh waktu puluhan detik, lalu sang perampok melarikan diri,” ujar Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu, beberapa waktu lalu.

Kejahatan biasanya terjadi di lokasi jalan yang lalu lintasnya tidak lancar. Dalam situasi ini, mobil korban tidak akan bisa ke mana-mana, maka dari itu lebih baik bertahan.

Penumpang di dalam mobil, termasuk sopir, selama hal itu terjadi, lebih baik tidak melakukan tindakan tiba-tiba atau agresif. Sebagian besar mobil baru, dilengkapi asuransi. Jadi, daripada bersentuhan langsung dengan perampok, rasanya lebih baik rugi membayar klaim ke perusahaan asuransi.

“Jangan bertindak spontan, misalnya turun atau yang lain-lain. Tetap cool down, melakukan pengidentifikasian. Kalau tidak aman, jangan melawan karena lebih baik rugi materi daripada keselamatan,” ucap Jusri, seperti dilansir oleh kompas.com, Rabu (29/9/2017).

Diingatkan Jusri, kejahatan seperti ini biasanya dilakukan berkelompok. Jadi, kemungkinan besar masih banyak komplotan penjahat yang tidak terlihat di sekitar mobil.

“Bagaimana kalau ada peluang tindakan ofensif? Kalau perlu tidak dilakukan, karena kalau si perampok cedera berat atau mati, ada payung hukum yang bisa memberatkan pelakunya,” ujar Jusri.

Lebih baik pengemudi membunyikan klakson yang lama saat perampokan terjadi. Tujuannya untuk menarik perhatian sekitar agar banyak masyarakat muncul dan terlibat dengan situasi Anda. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *