Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah Suara Keledai yang Dicela dalam alquran

0

“Sederhanalah kamu dalam berjalan dan turunkan nada suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (Qs Lukman: 19”

Dalam surah itu, Allah mencela meniru suara keledai, karena suara ini paling tidak baik. Tapi, apa maksud dengan suara keledai yang disebut suara paling jelek atau suara paling munkar?

BACA JUGA: Suara Semut, Seperti Apa?

Suara keledai sendiri dikenal dengan suara yang meringkik atau teriakan yang melengking. Sementara itu. dalam tafsir Ibnu Asyur – at-Tahrir wa at-Tanwir – dinyatakan, “Kesimpulan bahwa suara yang paling mungkar adalah suara keledai merupakan alasan yang melatar belakangi perintah untuk merendahkan suara. Karena berteriak sangat mirip dengan suara keledai. Artinya, mengingat suara keledai adalah suara yang paling buruk, dan teriak-teriak ketika berbicara mirip seperti ringkikan keledai, menunjukkan bahwa teriak-teriak termasuk kemungkaran.” (at-Tahrir wa at-Tanwir, 21/111).

Dalam islam, setipa Muslim diajarkan agar tidak meniru makhluk yang lebih rendah dibandingkan diri kita sebagai muslim. Diantaranya yang terlarangan ialah meniru binatang.

BACA JUGA: Ternyata, Menghiasi Al-Qur’an dengan Suara itu Sunnah

Abdullah bin Wahb meriwayatkan dari Ibnu Zaid, bahwa ketika menafsirkan ayat ini beliau mengatakan, “Andaikan teriak itu baik, tentu Allah tidak akan menjadikannya untuk keledai.” (Tafsir at-Thabari, 20/147)

Demikian, Allahu a’lam. []

SUMBER: KONSULTASISYARIAH


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.