Inilah 11 Tips Sambut Ramadan 2017
Inilah 11 Tips Sambut Ramadan 2017

Inilah 11 Tips Sambut Ramadan 2017!

INSPIRADATA. Ramadan 2017 tinggal menghitung hari. Pemerintah dalam hal ini menetapkan 1 Ramadan 1438 Hijriyah dengan metode rukyah diikuti sidang isbat penentuan awal Ramadan 1438 Hijriyah.

Perkiraan tahun ini awal dan akhir Ramadan 2017 akan serempak dan tidak ada perbedaan di antara pemerintah dan ormas Islam. Perkiraan awal Ramadan 1438 Hijriyah jatuh di hari Sabtu 27 Mei 2017 dan 1 Syawal 1438 Hijriyah bertepatan dengan hari Minggu 25 Juni 2017.

Karena sudah semakin dekatnya kedatangan bulan suci Ramadan, kita sangat wajib mempersiapkan segala hal untuk menyambut bulan penuh berkah ini.

Tujuannya adalah semua hal yang diperlukan untuk menyambut dan melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan ini mencapai hasil yang optimal, mendapat semua rahmat dan keberkahan bulan Ramadhan, mendapat ampunan semua dosa yang telah lalu.

Berikut tips menyambut bulan Ramadan 2017:

1. Usahakan bisa membeli semua kebutuhan bahan makanan seperti daging dan sayuran terutama yang akan dimasak dan disajikan untuk menyambut keluarga besar dan tetangga yang akan berkunjung saat Ramadan dan hari raya Idul Fitri nanti dan bahan makanan ini segera dimasukkan ke dalam freezer.

2. Mulai membiasakan diri dengan jadwal harian bulan Ramadan seperti tidur lebih cepat, misal paling lambat pukul 10 malam. Bangun lebih awal, misal untuk tahajjud dan tilawah Al Qur’an sekitar jam 3 pagi dilanjutkan dengan makan sahur dan shalat shubuh berjamaah di masjid bagi kaum pria.

3. Merencanakan aktifitas alternatif untuk perubahan kebiasaan dan jadwal di bulan Ramadan misalnya setelah shalat shubuh berjamaah bisa melakukan olahraga pagi bersama keluarga.

4. Puasa atau membayar fidyah membayar hutang batal puasa di bulan Ramadan yang telah lalu.

5. Puasa sunnah Senin-Kamis atau puasa Sya’ban untuk mulai mengadaptasikan perut dan jadwal makan dengan puasa full 1 bulan di bulan Ramadan nanti.

6. Mengkaji kembali pemakaian waktu keluarga yang bisa dioptimalkan. Misal pemilihan acara-acara TV yang bermanfaat dan mengganti waktu nonton TV yang kurang bermanfaat dengan diskusi keluarga yang sudah ditentukan sebelumnya jadual dan topik yang kontekstual dan diperlukan oleh keluarga. Atau memanfaatkan dengan baik momen Ramadhan untuk menyampaikan edukasi kepada keluarga.

7. Memperbaiki bacaan Al Qur’an, mengikuti program tahsin tilawah di masjid sekitar Anda. Jika masih kurang benar dan kurang lancar sehingga bisa menikmati membaca Al Qur’an di bulan Ramadan dan setelahnya kemudian.

8. Siapkan DVD/CD/kaset/ siaran radio ceramah dan tilawah Al Qur’an dalam mobil Anda sebagai teman di perjalanan. Juga untuk yang sangat mobile dan ada mini bar di mobilnya, bisa menaruh kurma dan yang memiliki holder untuk heater bisa menyiapkan saset teh celup dan gula.

9. Menyiapkan dan memanfaatkan program-program Ramadan yang sangat banyak, memilihnya mana yang cocok dalam hal isi dan waktu untuk Anda dan keluarga.

10. Menyiapkan diri untuk lebih bersabar dan tetap berpikiran jernih dan terbuka saat menjumpai masalah sehingga dapat lebih tenang dan tajam dalam memutuskan altenatif penyelesaian masalah.

11. Dan buat lah check list untuk jadwal kegiatan sehari-hari di bulan Ramadan

Dari kesekian tips tersebut, dapat diringkaskan persiapan-persiapan tersebut mencakup persiapan fisik, pikiran/ilmu, semangat dan emosi, keuangan, dan akhirnya target peningkatan kualitas diri dengan mengambil hikmah-hikmah Ramadhan yang kontekstual khususnya untuk diri Anda dan keluarga Anda, dalam istilah kerennya sustainable continuous improvement. []

 

Sumber: Alshaumroh


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *