melatih anak puasa
Foto: CooleNews

Inilah Waktu Terbaik Melatih Anak Puasa Ramadhan

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah : 183).

Puasa adalah salah satu kewajiban seorang Muslim yang harus dilaksanakan. Berkenaan dengan hal itu, melatih anak berpuasa merupakan hal penting untuk dilakukan guna membuat anak terbiasa dengan kondisi ini.

Anak terkadang ingin ikut-ikutan berpuasa seperti orangtuanya. Ketika hal ini terjadi, tidak jarang para orangtua menjadi kebingungan, mengingat anak yang masih menjalani proses tumbuh kembangnya. Pada saat puasa, kadar gula dan nutrisi lainnya di dalam darah akan mengalami penurunan. Padahal, gula dan nutrisi tersebut sangat penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Oleh karena itu, puasa bukan merupakan suatu kewajiban bagi anak yang belum akil balig, dan orangtua tidak boleh memaksakan anak untuk berpuasa layaknya orang dewasa. Akan tetapi, orangtua bisa mulai mengenalkan sekaligus melatih anak untuk berpuasa secara bertahap agar anak bisa menjalani ibadah puasa dengan baik ketika ia dewasa nanti. Berdasarkan penelitian, waktu terbaik melatih anak puasa bisa dilakukan orangtua dengan memperkenalkan ibadah puasa pada anak yang sudah memasuki usia 4 tahun.

Menurut dr. Vicka Faradiba, SpA yang dimuat pada laman dokteranakku.net, usia ideal untuk melatih puasa, seperti anjuran mengajarkan anak sholat, yaitu pada usia anak 7 tahun. Namun pelatihan puasa pada anak dilakukan secara bertahap sesuai usia dan kemampuan anak. Sejak usia 4 tahun anak sudah bisa dilibatkan dalam berbagai ritual agama atau kebiasaan di bulan Ramadan, seperti shalat tarawih, tadarus surah-surah pendek, serta bangun sahur dan berbuka puasa sehingga menimbulkan kesadaran mengenai puasa pada anak. Saat anak berusia 5-6 tahun, dapat dicoba untuk berpuasa selama 6 sampai 8 jam terlebih dahulu dan perlahan-lahan dicoba sampai adzan maghrib tiba.

Tugas orangtua adalah menanamkan pengertian anak tentang puasa. Orangtua tidak harus memaksakan anak untuk dapat berpuasa sebulan penuh, karena yang terpenting bukanlah kepatuhan anak dalam melaksanakan berpuasa, namun makna yang anak dapat pahami dari berpuasa, demikian dilansir dari beberapa sumber. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

ibadah hari raya idul adha

Fikih seputar Lebaran, dari Malam Takbiran hingga Shalat Ied

Fikih Lebaran di sini maksudnya adalah sejumlah hukum syara’ yang terkait dengan hari raya Idul Fitri, baik sebelum, pada saat, maupun sesudah shalat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *