Niat Puasa Arafah
Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh Anda Saat Puasa Ramadan

Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh Anda Saat Puasa Ramadan

INSPIRADATA. Saat menjalani puasa Ramadan tiba, kita sebagai muslim diwajibkan menahan lapar, haus dan nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Namun tahukah anda hal apa yanga akan terjadi pada tubuh kita saat puasa?

Inilah 6 hal yang terjadi pada tibuh saat kita menjalankan ibadah puasa:

1. Tubuh akan terasa lemas
Pada awal menjalani ibadah puasa, biasanya tubuh anda akan diserang rasa lapar yang intens sehingga tubuh akan merasa lemas. Kondisi ini normal dan biasanya dialami pada hari pertama dan kedua.

2. Terjadi proses detoksifikasi
Proses Detoksifikasi juga terjadi dalam tubuh saat puasa. Berbagai macam toksin (racun) yang tersimpan dalam lemak terpecah dan akan dikeluarkan dari tubuh kita. Kondisi ini biasanya terjadi di minggu-minggu pertama puasa.

3. Sistem imun tubuh meningkat
Saat kita berpuasa energi dialihkan dari sistem pencernaan lantaran tidak ada makanan yang diproses. Energi yang tidak terlalu besar dialihkan untuk hal lain, sehingga mampu memicu meningkatnya sistem imun pada tubuh.

4. Perbaikan jaringan tubuh yang rusak
Pada minggu-minggu terakhir, tubuh kita telah mampu beradaptasi dengan keadaan puasa. Hasil detoksifikasi membuat tubuh memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Membuang racun-racun di dalam tubuh, menyembuhkan luka lama dan membangun sel-sel baru. Detoksifikasi meliputi hati, ginjal, paru-paru, usus besar, kelenjar getah bening, mengeliminasi sel-sel kulit mati atau menetralisir racun. Proses ini berjalan cepat selama puasa, mengikuti tubuh yang membuang lemak-lemak. Zat-zat kimia dan racun yang diserap dari makanan dan lingkungan akan terbuang selama puasa.

5. Penurunan tekanan darah
ekanan darah akan menurun saat tubuh melakukan proses detoksifikasi, dan proses lainnya yang ada dalam tubuh kita akan meningkat salah satunya adalah meningkatnya hormon anti penuaan dini.

6. Kinerja pencernaan meningakat
Pada hari-hari biasa sistem pencernaan akan bekerja keras, tapi pada saat bulan puasa sistem pencernaan kita membersihkan dirinya sendiri sehingga tubuh kita akan menyerap nutrisi lebih baik.

Itulah 6 hal yang akan terjadi saat melaksanakan puasa Ramadan. Sunggah banyak manfaatnya, ternyata tak hanya sebagai bentuk ibadaj tapi untuk kesehatan tubuh juga. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *