test iq
post 5

Inilah yang Terjadi pada Otak Ketika Berpuasa

INSPIRADATA. Ketika berpuasa, bukan hanya kondisi tubuh saja yang terpengaruh, tetapi aktivitas otak pun turur terkena dampaknya ketika kita sedang menahan hawa nafsu. Hal ini diungkapkan oleh seorang pakar neurosains dari University of califoria, Irvine, Taruna Ikrar. Demikian disitat dari Kompas, Jumat (2/6/2017).

Ia mengungkapkan, puasa akan memengaruhi aktivitas otak, yang terdiri dari plastisitas atau kemampuannya mengubah fungsi serta struktur.

Puasa, lanjut Taruna, akan memengaruhi tiga jenis plastisitas otak, yaitu sinaptik, neurogenesis, dan fungsional.

Plastisitas sinaptik terjadi ketika otak menerima pembelajaran dan pengalaman baru. Interaksi serta jaringan akan membentuk sel-sel saraf baru di otak.

Sementara neurogenesis adalah proliferasi atau perkembangan neuron baru pada sel yang ada di otak. Sel indung akan berkembang menjadi sel piramida dan selanjutnya menjadi sel dewasa.

Sel saraf dewasa ini memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan sel lainnya, sel dewasa memiliki tonjolan-tonjolan untuk mengoptimalkan kemampuan otak dalam menerima dan menghantarkan rangsangan.

“Sel-sel saraf baru akan bermigrasi ke sejumlah daerah di otak untuk merehabilitasi sel-sel yang rusak atau mati,” kata Taruna.

Plastisitas fungsional akan memengaruhi fungsi otak secara keseluruhan yang pada orang tua biasanya sudah menurun.

Studi terbaru menjelaskan, otak akan mencapai solusi fungsional melalui aktivitas jalur saraf alternatif, saraf ini yang paling sering mengaktifkan funsgsi di kedua belahan otak.

Perubahan plastisitas otak karena puasa bisa dirasakan oleh tiap individu yang melakukannya dalam jangka panjang.

“Kalau plastisitas meningkat secara otomatis kapasitas memori juga meningkat. Selanjutnya ini meningkatkan daya ingat karena space memori di otak meningkat,” jelas Taruna.

Jadi, Taruna menegaskan, meskipun saat puasa membuat kita sulit berkonsentrasi karena kadar glukosan menurun, tetapi dalam jangka waktu yang panjang, puasa jutru memberi manfaat yang sangat bagus untuk otak. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *