Tahanan kabur
Tahanan kabur

Inlah Catatan Tahanan Kabur dari Lapas Selama 4 Tahun Terakhir

INSPIRADATA. Peristiwa kaburnya sekitar 200 tahanan dari Rutan Kelas IIB, Pekanbaru, sekitar pukul 12.30 WIB, Jumat 5 April 2017 mendapat perhatian besar dari masyarakat.

Tahanan menjebol pintu dan melarikan diri hingga ada yang tertangkap di wilayah perbatasan Pekanbaru-Pelalawan yang berjarak sekitar 30 kilometer dari rutan.

Rutan ini sendiri dilaporkan dalam kondisi over kapasitas. Jumlah tahanan yang menghuni rutan tersebut sebnayak 1.870, jauh lebih banyak dari kapasitas normal sebesar 300 tahanan.

Hingga malam tadi, sebanyak 171 tahanan berhasil diringkus kembali oleh aparat kepolisian. Diduga masih ada puluhan napi lainnya yang masih berkeliaran.

Dilansir oleh Detik, Sabtu (6/5/2017). Ternyata peristiwa tahanan kabur totalnya mencapai 5 kejadian dalam kurun waktu 4 tahun. Berikut peristiw lainnya:

1. 5 Oktober 2014 di Lapas Narkotika Doyo, Jayapura

Sebanyak 19 tahanan Lapas narkotika, Doyo, Jayapura melarikan diri dengan cara memanjat tembok setinggi 9 meter. Para tahanan kabur dengan alat bantu kain tikar yang disambung untuk digunakan sebagai tali.

2. 10 Januari 2015 di Lapas Kelas IIA Anak Martapura, Kalimantan Selatan

Tiga napi anak-anak kabur dari Lapas Kelas IIA Anak Martapura, Kalimantan Selatan. Mereka menjebol tembok tahanan untuk kemudian melarikan diri. Napi dapat kabur dari lapas tersebut akibat kelalaian dari petugas.

3. 13 Maret 2016 di Lapas IIA Paledang, Bogor

Sejumlah tujuh napi dengan berbagai kasus yang berbeda melarikan diri dari Lapas Kelas IIA, Paledang, Bogor. Napi menggunakan gergaji untuk memotong teralis kamar untuk kemudian melarikan diri dari lapas.

4. 26 Desember 2016 di Lapas Kelas IIIB Kota Banjarbaru

Keributan antar napi terjadi di Lapas Kelas IIIB Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Petugas yang kewalahan mengatisipasi keributan di dalam lapas tidak dapat mengawasi dan mengakibatkan mereka lalai. Sebanyak 31 tahanan berhasil kabur dari lapas tersebut. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *