Unik, Informatif , Inspiratif

Inovasi Haji Libatkan Kampus KAUST Jeddah

0

Salah satu upaya untuk mengembangkan layanan bagi jamaah haji dan umrah, Arab Saudi melakukan kerjasama dengan kampus.

Upaya itu dirintis oleh Universitas Sains dan Teknologi Raja Abdullah (KAUST) di Thuwal, Jeddah, dengan cara menggelar kompetisi di bidang inovasi dan kewirausahaan. Kompetisi ini bertujuan untuk mendukung dan mengembangkan proyek-proyek pemberi layanan yang cerdas bagi jamaah haji dan umrah.

Kepala Pusat Kewirausahaan KAUST, Hattan Ahmed, menjelaskan bahwa inisiatif kewirausahaan dan inovasi yang digelar di bawah payung provinsi Makkah ini merupakan salah satu kemitraan KAUST yang paling penting.

Ia mengatakan, acara ini terselenggara untuk tahun kedua dalam kemitraan dengan pemerintah kota Makkah. Sementara itu, menurutnya, KAUST telah bersama-sama melatih lebih dari 120 pengusaha di bawah program ini.

BACA JUGA: Kini Kementerian Agama Kelola RS Haji Jakarta

Dilansir dari Arab News Selasa (26/2) Ahmed mengatakan: “Ini adalah ide yang sangat inovatif dan kami berharap dapat memberikan panduan dan dukungan berkelanjutan kepada para pendiri startup ini,”

Dalam kompetisi itu, sedikitnya 20 tim terpilih untuk maju ke fase berikutnya dalam kompetisi tersebut. Mereka terpilih dari 40 tim, dengan total 66 peserta. Sebelumnya, sudah ada program pendahuluan selama sembilan hari di kampus tersebut.

Inisiatif ini merupakan bagian dari kontribusi KAUST terhadap Forum Budaya Makkah. Kompetisi tersebut akan mencapai puncaknya dan memilih enam pemenang.

BACA JUGA: Prabowo Tahan Tangis saat Doa Bersama Koalisi Adil Makmur

Dari enam pemenang, tiga pemenang dipilih dari segi inovasi dan tiga lainnya dari jalur kewirausahaan. Para pemenang itu akan menerima sebesar 40 ribu riyal untuk mendukung pekerjaan mereka.

Kompetisi itu diikuti oleh empat anggota fakultas, tiga guru, tujuh insinyur dan 30 siswa, beserta para anggota dari empat startup.

Kepala Pusat Kewirausahaan KAUST, Hattan Ahmed, mengatakan inisiatif kewirausahaan dan inovasi yang digelar di bawah payung provinsi Makkah ini merupakan salah satu kemitraan KAUST yang paling penting.

Ia mengatakan, acara ini terselenggara untuk tahun kedua dalam kemitraan dengan pemerintah kota Makkah. Sementara itu, menurutnya, KAUST telah bersama-sama melatih lebih dari 120 pengusaha di bawah program ini.

“Ini adalah ide yang sangat inovatif dan kami berharap dapat memberikan panduan dan dukungan berkelanjutan kepada para pendiri startup ini,” kata Ahmed, dilansir di Arab News, Selasa (26/2).

Wakil presiden urusan Saudi di KAUST, Najah Youssef Ashri, mengatakan ia senang karena universitas mendukung dan melatih pemuda dan pemudi Saudi untuk menjadi wirausahawan.[]

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.