doker muslim Amerika
dokter muslim Amerika (foto: muslimdaily)

Insinyur Muslim Amerika Tengah Perangi Kelaparan

insinyur muslim Amerika
Insinyur muslim Amerika (foto: muslimdaily)

INSPIRADATA. Insinyur Muslim Amerika telah mendedikasikan hidupnya untuk memerangi kelaparan di Amerika Serikat. Memberikan contoh yang baik bagi muslim dan pemeluk agama lainnya.

“Ada orang-orang lapar di sekitar saya, dan saya bahkan tidak tahu bahwa mereka ada di sini,” Zamir Hassan, seorang pensiunan insinyur perangkat lunak di New Jersey dan pendiri Muslim Against Hunger, mengatakan kepada Mvslim.com, (18/04/2017)

Sebagai seorang Muslim, saya tidak boleh pergi tidur jika tetangga saya ada yang lapar. Saya mulai merenungkannya, muslim seperti apa saya?

Hassan mulai memerangi kelaparan pada tahun 2000 ketika ia mengantarkan anaknya ke dapur umum di kawasan elit New Jersey.

Ia kemudian bertemu dengan teman-temannya di masjid untuk meminta saran bagaimana untuk memberi bantuan makanan kepada orang-orang miskin. Ia memilih untuk menyajikan makanan khas Timur Tengah, termasuk ayam tandoori, samosa, baklava, dan hidangan khas Timur Tengah lainnya.

BACA JUGA
Gagal Dapatkan Istri, Insinyur Ini Nikahi Robot Buatannya
Saat Umat Buddha Tunjukkan Simpati pada Muslim Amerika

“Sebagai seorang Muslim, saya seharusnya memberi makan orang-orang dari piring saya sendiri. Kami beribadah, tapi tidak menghidupkannya. Untuk menghidupkannya setiap hari, kami memberi makan orang-orang dari apa yang biasa kami makan.”

Sekarang, dapur umum mereka menyajikan berbagai masakan tergantung pada apa yang para relawan juru masak makan di rumah mereka. Menyebarkan idenya mengenai kesukarelaan dan amal, Hassan biasa untuk mengundang teman-temannya ke dapur umum, membawa mereka dalam perjalanan singkat, di mana mereka secara sukarela memasak dan melayani makanan untuk orang-orang miskin.

“Tujuan saya adalah untuk melibatkan Muslim di komunitas mereka. Saya ingin mengubah pola pikir mereka. Mereka harus menghidupkan agama mereka, tidak hanya beribadah,” kata Hassan.

Menurut Do Something Organization, cukup mengagetkan 54 juta orang menderita kelaparan di AS. Ironisnya, menurut organisasi itu bahwa 40 persen dari makanan dibuang di Amerika Serikat setiap tahun. Atau dengan kata lain hanya 60 persen dari makanan yang dimasak, sisanya tidak dimakan dan dibuang.

Hassan mendefinisikan kelaparan mirip dengan definisi Departemen Pertanian Amerika Serikat yakni kelaparan atau kerawanan pangan adalah kurangnya akses dalam waktu lama untuk makanan yang cukup untuk semua anggota rumah.

Hassan melihat bahwa Islam tidak hanya tentang ritual dan membangun masjid tapi juga beramal sehari-hari, mirip dengan shalat lima waktu. Dia mendasarkan pendapatnya pada pasangan antara iman dan amal sholeh dalam Al Quran. Oleh karena itu, ia mendirikan berbagai program untuk memerangi kelaparan.

Pada tahun 2011, Hassan memulai “Hunger Van”, atau dapur umum bergerak. Program ini dirancang untuk mencapai orang-orang yang membutuhkan makanan bukannya menunggu mereka untuk datang ke dapur umum. Para relawan lokal mendaftar di situs Hunger Van, dan Hassan kemudian membawa mobil dan mengajak para relawan untuk ikut membagikan sandwich ke daerah-daerah yang memerlukan.

Selain mengajak komunitas muslim untuk memerangi kelaparan, Hassan juga bekerja sama dengan organisasi non-muslim untuk memberikan makan bagi warga atau gelandangan yang membutuhkan.

Tahun lalu, sebuah Sekolah Minggu Hindu di New Jersey mengundangnya untuk mengajar tentang amal. Selain kurangnya relawan, ia berjuang dengan kurangnya dana dan menjauhkan aktivitasnya dari unsur politik.

Dia ingin mendirikan dapur umum di setiap masjid, dan menyarankan bagi setiap muslim untuk berlatih amal dengan memberi makan orang lain setiap hari.

“Ini adalah tentang waktu yang kita bekerja. Stop bicara. Mulai beramal. “ []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *