hikmah tidur tanpa cahaya
Foto: Lytham Hypnotherapy

Insomnia, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Foto: Lytham Hypnotherapy

INSPIRADATA. Pernahkah Anda merasakan sulitnya untuk memejamkan mata, ketika waktunya untuk tidur? Atau kebiasaan anda selalu dipakai untuk bergadang. Demikianlah seseorang yang sulit tidur dinamakan insomnia.

Insomnia yang berlebihan bagi manusia maka akan menyebabkan keadaan waktu untuk tidur terganggu. berikut sebab-sebab kenapa seseorang dapat terkena insomnia:

1. Stres atau cemas

Ingat waktu tidur itu gunanya untuk istirahat, Baik istirahat untuk badan kita dan tentu otak kita juga perlu istirahat. jika sudah waktunya untuk tidur kita di larang memikirkan sesuatu hal yang tak semestinya harus kita pikiri, misal memikirkan masalah percintaan , utang yang menumpuk atau mungkin masalah pekerjaan kantor. jadi jangan harap anda akan tidur nyenyak jikalau masih memikirkan hal tersebut.

2. Depresi

ini masi satu saudara dengan stress bahkan lebih ekstrim lagi, Orang yang depresi bisa menimbulkan keinginan untuk tidur terus menurus sepanjang waktu mungkin kalau bisa jangan sampe bangun lagi. karena bagi orang yang depresi ini menginginkan yang namanya lepas dari masalah atau beban hidup yang di embanya. jadi hati-hati karna depresi itu bisa mengakibatkan insomnia dan sebaliknya insomnia juga bisa membuat anda depresi.

3. Kelainan-kelainan kronis

Maksud dari kelainan ini adalah kelainan tidur seperti tidur apnea,diabetes,sakit ginjal, Arthritis atau penyakit mendadak yang menyebabkan kita sulit sekali untuk tidur.

4. Efek samping obat

Obat untuk penyakit apapun itu pasti ada efek sampingnya, dan salah satu efek sampingnya itu tadi sulit tidur atau Insomnia.

5. Kafein

Minuman berbahan kafein yaitu kopi, teh, atau coklat yang biasanya menjadi jamuan di malam hari ini bisa menimbulkan insomnia juga. Ini dikarenakan kafein mengandung zat stimulan maksud dari stimulan adalah obat-obatan yang menaikkan tingkat kewaspadaan di dalam rentang waktu singkat. Stimulan biasanya menaikkan efek samping dengan menaikkan efektivitas, dan berbagai jenis yang lebih hebat sering kali disalahgunakan menjadi obat yang ilegal atau dipakai tanpa resep dokter. Stimulan yang disalahgunakan tersebut dapat digolongkan dalam kelompok narkotika.

6. Pola makan yang buruk

Pola makan yang tidak teratur juga bisa membuat kita merasakan gejala insomnia. Hati-hati dalam mengonsumsi makanan berat sebelum beranjak tidur dapat menyulitkan anda untuk tidur.

7. Usia lanjut

Bagi orang tua yang berumur 60 tahun ke atas biasanya sering susah tidur atau insomnia

8. Wanita hamil

Diperkirakan 78 persen wanita mengalami kesulitan tidur saat hamil. Perubahan hormon yang terjadi ketika hamil adalaha merupakan salah satu penyebab yang menimbulkan ketidaknyamanan sehingga akan berefek dan menyebabkan berkurangnya jam tidur.

Meningkatnya progesteron membuat ibu hamil lebih mengantuk di siang hari terutama pada trimester pertama. Bumil yang obesitas juga kerap tidur mendengkur dan sering ke kamar mandi saat malam hari. Keadaan ini menyebabkan berkurangnya.

Adapun do’a ketika mata susah terpenjam: “Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata (manusia) telah terpejam, namu Engkau Mahahidup dan Mahaberdiri sendiri, tak akan pernah Engkau terkena kantuk dan tidur. Wahai Dzat yang Mahahidup dan Mahaberdiri sendiri, tenangkanlah malamku dan pejamkanlah mataku,” (HR. Ibnu Sunni). []

Sumber: Menuai Pahala Dikala Haid/ Dede Rakhmawati/ Jendela Dunia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *