tentara jadi guru
Foto: brilio

Inspiratif, Inilah 7 Kisah Tentara yang Mengabdi Jadi Guru di Daerah Terpencil

Tentara bukan sekadar bertugas menjadi prajurit yang membela dan mengamankan negara dengan mengandalkan senjata. Ada banyak tentara yang rela mengabdi sebagai tenaga pendidik ketika mereka mendapatkan penugasan di daerah perbatasan.

Seperti dalam beberapa potret tentara di daerah yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber berikut ini. Tentara-tentara ini menjadi guru bagi siswa di daerah.

Apa yang dilakukan para tentara ini patut menjadi inspirasi bagi kita karena selain setia kepada negara mereka juga mau melakukan pembinaan kepada masyarakat, termasuk menularkan ilmu kepada generasi penerus bangsa.

1. Seorang tentara Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad yang berada di Desa Sarabau, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, mengajari Bahasa Inggris dan komputer para siswa SDN Asulait. Potret ini diambil pada sekitar Juli 2015 lalu.

foto: tni.mil.id

 

2. Serma Aris Pribadi dan Kopda Wahyudi, personel Yonif 410 Alugoro Blora, Jawa Tengah, yang tengah mengajari anak-anak mengaji di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Kampung Wembi, Distrik Manen, Kabupaten Keerom, Papua. Mereka memang tengah bertugas sebagai Satgas Pamtas di Indonesia-Papua Nugini. Foto ini diambil sekitar bulan Juli atau Agustus 2017 , mengingat menurut kabar yang beredar, TPQ tersebut dibuka pada Sabtu (29/7) lalu.

foto: dok pendam IV/Diponegoro

3. Seorang tentara Babinsa Koramil 01/Magelang Selatan sedang mengajari siswa SDN Gelangan 5 materi tali-temali pada Januari 2016 lalu.

foto: tniad.mil.id

4. Tentara Yonif (Danyonif) 751 Raider yang bertugas di Kabupaten Puncak Jaya, Papua menyambi sebagai guru di sekolah setempat. Tentu hal ini sifatnya membantu, melihat terkadang ada sekolah yang kekurangan tenaga pendidik. Para tentara pun ditekankan untuk tidak mengesampingkan tugas pokoknya mengamankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

foto: militerindonesiamy.blogspot.co.id

5. Bukan hanya materi mata pelajaran, anggota Babinsa Ramil 08/Pakis Kodim 0705/Magelang, Serka Sutadi beserta 2 orang anggota lainnya ini mengajarkan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada para siswa SMP PGRI Pakis, Magelang. Tujuannya untuk membentuk karakter dan mental tangguh generasi penerus bangsa. Foto ini diambil sekitar bulan September 2015 lalu.

foto: tniad.mil.id

6. Anggota Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99, Pratu Yasir Arafat tengah mengajari anak-anak Desa Badak Kecamatan Dabun Gelang, Gayo Lues, Aceh mengaji pada Senin (17/7) lalu.

foto: pelita8.com

7. Potret yang diunggah akun resmi Instagram Puspen TNI ini mendapat ribuan love. Gimana nggak adem lihat TNI dekat dengan masyarakat, terlebih generasi muda? “BERSAMA RAKYAT TNI KUAT,” demikian isi captionnya.


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *