Dolar AS, Iran, Rusia dan Turki Sepakat Singkirkan Dolar AS pada Transaksi Mereka
Unik, Informatif , Inspiratif

Iran, Rusia dan Turki Sepakat Singkirkan Dolar AS pada Transaksi Mereka

0

Gubernur Bank Sentral Iran, Abdolreza Hemmati mengatakan bahwa Teheran, Moskow dan Ankara telah menyetujui sejumlah langkah ekonomi seperti menghapus dolar AS dari transaksi bersama mereka.

BACA JUGA: Kami Tak Akan Tinggal Diam Atas Ribuan Pembunuhan di Suriah

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk memperluas hubungan perdagangan trilateral antar-mereka di tengah tekanan Washington.

“Kesepakatan itu dibuat di sela-sela pertemuan puncak trilateral utama yang diselenggarakan di Teheran pada Jumat dan dihadiri oleh presiden Iran, Rusia dan Turki,” kata Hemmati, lansir PressTV, Sabtu ((08/09/2018).

“Selama pertemuan Jumat, saya bersama dengan menteri perminyakan Iran mengadakan pertemuan yang bermanfaat dan konstruktif dengan para pejabat ekonomi Rusia dan Turki dengan tiga presiden yang hadir,” katanya.

Menurut Hemmati, topik-topik utama yang dibahas selama pertemuan termasuk harga minyak dan gas, penjualan komoditas dasar, perluasan hubungan perbankan, melakukan transaksi keuangan oleh mata uang nasional negara, bukan dolar AS dan penguatan hubungan ekonomi bilateral.

Presiden Iran Rouhani mengatakan AS harus dengan cepat mengakhiri kehadiran ilegal dan interferensi di Suriah.
Hemmati melanjutkan dengan mengatakan bahwa ia akan menindaklanjuti kesepakatan dalam pertemuan dengan mitranya dari Rusia di Moskow dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Dolar Meroket, Ini Saran Sandiaga Uno Selamatkan Kejatuhan Rupiah

Pemerintah Iran telah mengumumkan rencana untuk menghindari pembatasan dalam mengakses mata uang AS di tengah ketegangan dengan Washington.[]

SUMBER: PRESSTV


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.