Foto: Republika

Al Irsyad: Banyak Partai Islam Berpihak pada Penguasa, Bukan pada Umat

Foto: Republika

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Al-Irsyad Al Islamiyyah, Abdullah Zaidi, mengatakan banyak partai yang mengatasnamakan partai Islam dan partai yang berbasis umat Islam kurang berpihak kepada umat Islam itu sendiri. Hal ini disampaikannya saat mengikuti diskusi pada rapat pleno ke-17 Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Kantor MUI, Rabu (26/4/17).

“Pandangan kami selama ini partai-partai baik yang mengatasnamakan partai Islam atau pun yang berbasis umat Islam, selama ini dilihat oleh umat kiprahnya dalam permasalahan umat tidak berpihak kepada umat, tapi berpihak kepada penguasa,” kata Abdullah, yang dikutip dari Republika.

Zaidi mengatakan, hal ini yang membuat umat Islam di Indonesia menjadi apatis terhadap partai Islam, tapi justru menolak untuk membela umat. Apalagi, kata dia, kepada partai-partai yang tidak mengatasnamakan partai Islam, tentu akan lebih apatis lagi.

Ia juga menjelaskan, ada imbauan agar umat mendukung sahabat Muslim yang ada di partai-partai. Namun pada kenyataannya, sahabat Muslim juga biasanya tidak bisa berperan banyak di partai-partai. Sehingga, kebijakan-kebijakan selalu menjadi otoritas pimpinan yang berada di atas.

“Pimpinan yang di atas dilihat oleh umat, selalu mengikuti apa yang menjadi kebijakan pemerintah, apa yang menjadi kebijakan pemerintah ikut semua, ini yang membikin kesalnya umat,” terangnya.

Abdullah mengungkapkan, ada partai-partai yang setelah mendapat kejayaan, ia malah meninggalkan umat. Bahkan pernah ada partai yang mendekati ormas-ormas Islam untuk mempunyai basis umat. Tapi, setelah mereka jaya, mereka lupa kepada umat. Jadi jangan menyalahkan umat jika umat meninggalkan partai-partai tersebut.

Dalam diskusi tersebut juga dihadiri perwakilan dari partai politik, ormas Islam, dan ulama. Mereka mendiskusikan tentang marwah politik umat Islam di Indonesia. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *