islam agama paling pesat, Islam Jadi Agama Paling Pesat di Dunia karena Dua Faktor Utama Ini
Unik, Informatif , Inspiratif

Islam Jadi Agama Paling Pesat di Dunia karena Dua Faktor Utama Ini

0

Pew Research Center mencatat agama Islam menjadi agama yang tumbuh paling cepat di dunia. Bahkan, pemeluk Islam diperkirakan meningkat 70 persen dari 1,8 miliar pada 2015 menjadi tiga miliar pada 2050. 

Michael Lipka , seorang editor senior yang fokus pada penelitian agama di Pew Research Center menyusun laporan berdasarkan riset yang dilakukan lembaganya beberapa tahun dari 2011 hingga yang terbaru tahun ini. Dia mengatakan ada dua faktor utama di balik pertumbuhan Islam yang diproyeksikan dengan cepat. “Keduanya melibatkan demografi sederhana,” kata dia dilansir dari laman Pew Research Center (pewresearch.org), Minggu (13/8/17).

BACA JUGA: Empat Unsur dalam Islam

Pertama, kata dia , umat Islam memiliki jumlah anak yang lebih banyak daripada umat agama lainnya. Di seluruh dunia, setiap perempuan Muslim memiliki rata-rata 2,9 anak, dibandingkan dengan 2,2 untuk semua kelompok agama lainnya.

Kedua, umat Muslim merupakan kelompok agama termuda. Artinya, ada banyak pemeluk agama Islam berusia muda dibandingkan agama-agama besar lain. Rata-rata usia pemeluk agama Islam 24 tahun pada 2015. “Tujuh tahun lebih muda dari usia rata-rata non-Muslim,” kata Lipka.

Dengan rata-rata pemeluk berusia produktif, dia menjelaskan, mayoritas penduduk dunia yang beragama Islam berada dalam fase sedang punya anak, atau segera punya anak. “Ini, dikombinasikan dengan tingkat kelahiran akan meningkatkan jumlah populasi Muslim di dunia,” kata dia.

Dari hasil riset yang dilakukan oleh Pew Research Center pada 2015, ada 1,8 miliar Muslim di dunia, atau mencapai 24 persen dari populasi terbesar kedua. Angka ini yang menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia.

Jumlah Muslim juga tersebar tidak hanya di Timur Tengah-Afrika Utara, di mana Islam muncul pada abad ketujuh. Bahkan, penduduk dunia beragama Islam di wilayah ini hanya sekitar 20 persen dari jumlah Muslim dunia.

BACA JUGA: Perkembangan Islam di Polandia

Mayoritas Muslim di seluruh dunia (62%) tinggal di wilayah Asia Pasifik, termasuk populasi besar di Indonesia, India, Pakistan, dan Bangladesh. Indonesia saat ini merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, namun Pew Research Center memproyeksikan bahwa India akan menjadi negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak pada 2050.

“Sambil tetap menjadi negara dengan mayoritas Hindu, India akan punya lebih dari 300 juta Muslim,” kata Lipka. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.